Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 30 December 2014

Bahtera Nuh, Cafe Unik Berbentuk Kapal di Blora



Blora, Harianblora.com - Achmad Hasyim (22) warga Godong, Grobogan kaget saat berkunjung ke Blora. Ia melihat cafe yang unik di Blora, tepatnya di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora Jalan Sudarman Blora. Konsep cafe ini sangat unik, banyak orang luar Blora mengagumi cafe tersebut. Bahtera Nuh, cafe unik berbentuk kapal di Blora, demikian yang disampaikan Hasyim.

Sejarah Bahtera Nuh, tak terlepas dari kapal yang paling fenomenal di sepanjang sejarah dunia. Di berbagai literatur sejarah, tragedi banjir bandang pada zaman Nabi Nuh menjadikan kapalnya terkenal sepanjang masa, bahkan sampai detik ini. Barangkali, hal itu menjadikan motivasi para pelaku bisnis, salah satunya Cafe Bahtera Nabi Nuh di Blora tersebut.

Berbeda dengan warung kopi, kedai kopi atau sejenisnya, Cafe Bahtera Nuh di Blora ini menawarkan daya tarik sendiri. Pasalnya, selama ini warung kopi hanya dirangkai dengan konsep warung bisa, meskipun di beberapa daerah di Jawa Tengah sudah ada cafe dengan konsep berbentuk bangunan unik.

Cafe atau dalam bahasa Indonesia disebut kafe, merupakan warung kopi yang diambil dari kata Coffea yang berarti kopi. Cafe merupakan bahasa Perancis, yang artinya adalah minuman kopi. Namun dalam sejarahnya, cafe justru menjadi sebutan warung, kedai, atau toko penjual kopi. Di Indonesia, cafe merupakan kategori warung kopi kelas tinggi dan mewah.

Di Blora sendiri, menurut data sampai tahun 2012, ada beberapa cafe yang terkenal. Cafe-cafe tersebut meliputi Cafe Bahtera Nabi Nuh, Water Splas Sarbini di Taman Sarbini Blora, Cafe Color di Jl Stasiun Kota Nomor 26 Cepu Blora, Cafe Dinasti di Jepon Rt.07 Rw 02 Jepon Blora, Cafe Top Nine di Jalan Relban Rt 3 Rw 3 Bangkle Blora, juga Cafe Tempuran yang berada di Desa Tempuran Blora, dan Cafe Kampoeng Bluron yang berada di Desa Tempuran Blora.

Selain itu, di Blora ada juga Cafe Kalifornia yang berada di Jalan Tentara Pelajar Nomor 76 Blora, Cafe Gaul Pub Blora Mustika di Jalan Mr. Iskandar Blora, Cafe Millenium Pub dan Restaurant di Jalan Diponegoro Nomor 62 Cepu Blora, DJS Cafe dan Pub di Jalan Diponegoro Nomor 39 Cepu Blora, Cafe Black Box yang berada di Komplek GOR Mustika, Blok Utara Nomor 2 Blora, Cafe Waru Kembar di Jalan Gunung Lawu Nomor 56 Blora, dan cafe Baladewa di Ngampon Wetan Beran Blora.

Di Indonesia, kafe berarti semacam warung kopi sederhana, cukup menarik untuk makan makanan ringan dan menikmati beberapa jenis kopi. Dengan ini, istilah kafe/cafe berbeda dengan warung biasa, karena cafe tergolong tempat mewah. "Di Grobogan, setahuku belum ada cafe berbentuk kapal, baru kali ini saya melihatnya malah di Blora," ujar Hasyim yang juga mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang tersebut saat ditemui Harianblora.com.

Cafe tersebut, berbentuk kapal dengan konsep alami seperti kapal. Di tubuh cafe juga digambari beberapa jenis ikan. Cafe yang berbentuk replika kapal Nabi Nuh ini sebenarnya unik, namun saat Harianblora.com berkunjung ke sana, tampak sepi.

“Saya sebenarnya mau mampir ngopi, karena unik, tapi malah tutup, mungkin bukanya malam hari,” ujarnya pada Harianblora.com, Selasa (30/12/2014) sekitar pukul 13.35 Wib. Hasyim juga mengatakan lokasi dan jarak cafe tersebut relatif dekat dengan pusat kota. Sehingga, menurutnya, cafe tersebut sangat cocok untuk sekadar nongkrong dan menikmati kopi dan sajian menu makanan di dalamnya. (Red-HB32/Foto: Harianblora.com). Baca juga: Inilah Harga Rambutan Binjai di Blora.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Bahtera Nuh, Cafe Unik Berbentuk Kapal di Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora