Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 16 December 2014

Batik Ukir Kayu dari Desa Kutukan Randublatung Blora

Blora, Harianblora.com - Perkembangan seni ukir di Blora kian maju. Buktinya, sudah banyak produk ukir Blora di pamerkan di beberapa momen. Menurut Intan Budi, salah satu warga Blora, saat ini tidak hanya batik tulis dan batik cap yang berkembang di Kota Samin, namun juga batik ukir kayu. "Tidak hanya batik tulis dan batik cap saa di Blora, kini dengan berbagai desain batik ukir pun kian bertumbuh di Blora, khusunya di Desa Kutukan, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora.

Batik Ukir Kayu dari Desa Kutukan Randublatung Blora merupakan salah satu budaya blora dan hasil kesenian masyarakat setempat yang perlu didukung. Menurutnya, batik ukir tersebut juga memperkaya budaya seni kreatif masyarakat Blora. "Semoga pemerintah setempat mensuport serta memberikan ekonomi kreatif-kreatif lainya," harap Dia.


Perkembangan dunia seni dan kreativitas masyarakat harus didukung semua kalangan. Pasalnya, hal itu bisa menambah khazanah budaya di Blora. Pemerhati budaya asal Blora, Sudarsono, mengatakan saat ini pemerintah harus terjun ke lapangan ke pelosok desa untuk memberi perhatian agar produk itu go internasional. "Blora kan kaya, ya budayanya, ya produk budaya seperti batik ukir kayu ini. Maka peran dinas kebudayaan atau dewan kesenian setempat perlu mendukung hal itu," ujar bapak yang memiliki dua anak tersebut.

Tak hanya itu, Darsono juga berharap para pengrajin tersebut harus kreatif dan karyanya benar-benar bisa dipasarkan di tingkat internasional. "Saya sangat senang jika Blora bisa go internasional lewat seni dan budayanya," ujarnya pada Harianblora.com, Selasa (16/12/2014). Hal itu, kata Dia, perlu dukungan semua kalangan, termasuk para pengusahan dan pemuda.


Sebenarnya, Blora bisa menjadi replikasi kabupaten di Jawa Tengah yang bisa mengembangkan semua potensi. Menurut Darsono, selain memiliki Barongan, Ajaran Samin, sebenarnya Blora juga punya potensi mengharumkan Jawa Tengah lewat berbagai hasil seni masyarakat. Akan tetapi, menurutnya hal itu belum berjalan maksimal, karena rata-rata masyarakat berdiri dan usaha sendiri, sedangkan pemerintah acuh tak acuh. (Red-HB9/Foto:IB).
Baca juga; Ajaran Samin dan Pancasila.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai seni. Seni merupakan suatu aspek yang sangat perlu diperhatikan dalam berbagai hal. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai seni yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Item Reviewed: Batik Ukir Kayu dari Desa Kutukan Randublatung Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora