Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 26 December 2014

Buah Juwet Blora Bisa Sembuhkan Kencing Manis



Blora, Harianblora.com - Buah Juwet Blora bisa sembuhkan kencing manis. Buah Juwet atau yang akrab disebut Jamblang ini merupakan buah yang unik. Di Blora sendiri, pada bulan Desember seperti ini mulai berbuah. Di Jawa Khususnya, Jamblang atau Juwet juga disebut Duwet.

Bagi Anda yang mau memanfaatkan Juwet Blora untuk obat kencing manis atau sering disebut diabetes, Anda bisa melakukan pengolahan Juwet sebagai berikut.
Pertama, Anda harus menyiapkan Juwet 100 gram atau secukupnya.
Kedua, siapkan kumis kucing 150 gram.
Ketiga, babakan pula 100 gram.
Keempat, siapkan pula petai Selong 100 gram.
Kelima, siapkan juga ramuan jamu jadam sebanyak 100 gram.

Langkah berikutnya, sialhkan biji Juwet tersebut Anda goreng, kemudian tumbuk halus dengan semua bahan yang Anda siapkan di atas. Selanjutnya, siapkah gelar dan masukkanlah 2 sendok makan bubuk yang sudah Anda tumbuk tersebut dengan air panas, lalu minum dengan rajin setiap hari.

Di sisi lain, Anda juga bisa memanfaatkan biji Juwet secukupnya (minimal 20 biji), kemudian tumbuk lah sampai halus, rebus dengan 7 gelas air. Jika sudah, minumlah 1 gelar air tersebut tiap hari sebanyak 3 kali.

Selain biji Juwet, kulit pohon Juwet Blora juga sangat bermanfaat. Caranya, ambil kulit Juwet sebanyak 300 gram, lalu potong-potong lah, dan rebus dengan 4 gelas air. Jika sudah matang, saring air tersebut, dan jika sudah siap diminum, minumlah sebnyak 1 kali sehari. Jika rutin Anda lakukan, dipastikan obat mujarab tersebut mampu menyembuhkan penyakit kencing manis Anda.
 
Buah Juwet Blora sebenarnya jenis sama seperti Juwet di daerah lain di Jawa. Ia sama seperti nama ilmiahnya Syzygium cumini. Jamblang atau Juwet ini juga sering dinamakan “jambu keeling” yang satu akar buah dari suku buah jambu-jambuan atau disebut Myrtaceae.

Nama Jamblang, di berbagai daerah sangat berbeda beda. Di Jawa khususnya di Blora disebut Juwet atau Duwet. Sedangkan di Riau disebut Jambu Koliong, di Aceh disebut Jambee Kleng, di Bima disebut Duwe, di Flores disebut Jambulan, di Ternate disebut Jambula, daerah lain disebut juga jambu Juwat, Jiwat, Jiwat Padi, Juwet, Jujutan, Dhuwak, Dhalas dan sebagainya.

Di luar negeri, Juwet juga dikenal sebagai jambu. Di Malaysia disebut Jambulan atau Jambulana, di Inggris disebut Java Plum, di Filipina disebut Duhat dan sebagainya. (Red-HB24/Foto: Harianblora.com).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Buah Juwet Blora Bisa Sembuhkan Kencing Manis Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora