Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 25 December 2014

Desa Nglebak Kradenan Blora Sangat Terpencil dan Terisolir



Ngeblak, Harianblora.com - Desa Nglebak Kradenan Blora Sangat Terpencil dan Terisolir. Di Desa Nglebak, ada beberapa dukuh, yaitu Kalikangkung, Nglebak, Plumbon dan Ngandong. Bambang, Kamituwo Desa Nglebak mengatakan dari total kurang lebih 600 Kepala Keluarga (KK), ada sekitar 6 ribu penduduk.

"Di sini, sangat tidak mengenal Blora. Karena justru lebih dekat dengan Kabupaten Ngawi Jawa Timur," ujarnya kepada Harianblora.com, Kamis (25/12/2014). Untuk menuju jalan yang beraspal dan keramaian, warga sekitae harus melewati hutan kurang lebih 7 KM. "Kalau butuh apa-apa, belanja kebutuhan sehari-hari ya mending ke Kabupaten Ngawi lebih dekat. Ke Randublatung saja harus menempuj 27 KM," ujarnya.

Semua kebudayaan, tradisi, rata-rata menyamai Ngawi. "Bupati Ngawi waktu kunjungan ke sini saja mengira kalau wilayah ini termasuk wilayah Ngawi," tandasnya. Bupati juga mengatakan, lanjut Dia, jenis pohon Jati di sini adalah Jati dari bibit Ngawi. Tak Diperhatikan Bupati Blora Menurut Bambang, Bupati Blora Djoko Nugrhono jarang dan bahkan tak pernah ke Nglebak.

"Pernah ke sini, tapi ia of road hiburan naik motor itu. Tujuannya ya hiburan, bukan blusukan melihat kondisi warganya," papar Dia. Menurut Bambang, di sini adalah orang Blora, berdomisili di Blpra, KTP Blora namun tidak tahu Blora, tidak pernah melihat Bupati bahkan rata-rata tidak tahu Bupatinya siapa. "Hanya sebagian orang dan pemuda yang tahu banyak tentang Blora, karena memang jarang pergi Blora kota," tutur Bambang.

Dari segi letak geografis, Desa Nglebak Kecamatan Kradenan terlat di Blora paling Selatan yang berbatasan dengan sungai Bengawan Solo dan Kabupaten Ngawi. "Jadi, di sini juga berarti wilayah Jawa Tengah paling Selatan yang berbatasan dengan Jawa Timur," ujarnya. (Red-HB13/Foto: Harianblora.com).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Desa Nglebak Kradenan Blora Sangat Terpencil dan Terisolir Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora