Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 27 December 2014

Foto Semburan Gas dan Lumpur di Nglobo Jiken Ramaikan Media Sosial



Jiken, Harianblora.com - Semburan gas dan lumpur di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora kian ramai di media sosial. Kejadian tersebut, mulai ramai sejak semburan gas tersebut muncul beberapa minggu ini. "Sudah kemarin semburan itu ada, namun sekarang kurang paham. Saya belum ke sana lagi," ujar Adriansah, warga Nglobo saat dikonfirmasi Harianblora.com, Sabtu (26/12/2014).

Senada dengan hal itu, Kasmuri (29) warga Jiken juga kaget dengan foto tersebut. “Awalnya saya lihat salah satu teman facebook menguploadnya, setelah saya cek dan tanyakan kepada tetangga ternyata hal itu benar,” paparnya. Tapi, lanjut bapak dari 1 anak itu, informasi terbaru saya kurang tahu.


Ramaikan komentar dan pendapat di media sosial tak dapat diremehkan. Hal itu menggiring opini publik akan kebenaran semburan gas dan lumpur tersebut. Apalagi, beberapa bulan yang lalu di Pati juga ada semburan sumur yang menjulang tinggi sampai bermeter-meter.

Salah satu peneliti teknologi energi asal Universitas Negeri Semarang (Unnes) saat dihubungi Harianblora.com, menilai semburan itu ada benarnya. “Jika itu benar, maka sangat logis dan ilmiah, pasalnya, Blora merupakan salah satu daerah penghasil minyak. Titik utama memang di Cepu, tapi tidak menutup kemungkinan jika hal itu juga terjadi di Nglobo Jiken, apalagi Cepu dan Jiken relatif dekat,” ujar Abdul Kohar, Sabtu (27/12/2014).


Semoga Tidak Hoak

Ia menilai, semburan itu sangat wajar jika mengeluarkan gas dan lumpur. “Ini harus ditindaklanjuti, jangan sampai warga sekitar takut karena tragedi itu,” ujar akademisi tersebut.


Kohar juga mengatakan dan berharap, foto-foto tersebut tidak hoak. "Meskipun sebagian warga sudah mengatakan benar, namun bisa jadi foto-foto yang disebar di media sosial itu hoak, seperti yang terjadi di bencana tanah longsor Banjarnegara beberapa waktu lalu," ujar Dia.

Maka dari itu, katanya, pengguna media sosial harus selektif jika ada yang mengunggah foto atau berita di media sosial. (Red-HB19/Foto: FB).

Baca juga: Sopir Truk dari Bojonegoro Cepu Resahkan Warga Padangan. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Foto Semburan Gas dan Lumpur di Nglobo Jiken Ramaikan Media Sosial Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora