Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 25 December 2014

Guru Tak Bisa Bangkrut, Pengusaha Bisa Bangkrut



Blora, Harianblora.com - Semua pekerjaan, menurut Pardan, pensiunan guru PNS Blora, sangat bagus. "Semua pekerjaan itu sangat bagus, tapi yang paling bagus ya guru," katanya kepada Harianblora.com, Kamis (25/12/2014). Kalau pengusaha, pedagang itu bisa bangkrut, katanya, tapi kalau guru ya tak bakal bangkrut, justru semakin bertambah karena ilmunya bertambah dan bertambah. Ya, intinya guru tak bisa bangkrut, penguasahan bisa bangkrut.

"Ilmu yang diamalkan akan bertambah terus, tidak hanya ilmunya, tapi juga berkembang bisa menjadi materi, kepeduliaan, kehormatan dan sebagainya," ujar Pardan. Zaman dulu, katanya, jadi guru itu tidak ada yang melirik, karena gajinya sedikit. "Saya saja, jadi guru PNS dengan SK pertama tahun 1967 itu gajinya 365 rupiah. Sedangkan tukang cukur sekali mencukur orang saat itu dapat uang 50 rupiah. Kalau mencukur 8 kali kan sudah 800 rupiah. Kan mereka milih jadi tukang cukur dan buruh tani daripada jadi guru," ujarnya. Padahal, katanya, saya hanya berijazah SMP dan saat ini pendidikan sangat tidak diutamakan. "Saya menjadi guru paling lama di wilayah Blora, karena PNS guru biasanya bertugas 38 tahun. Sedangkan saya jadi PNS guru selama 41 tahun 9 bulan, yaitu sejak tahun 1967 sampai 2009 lalu," jelasnya.

Pardan mengaku, meskipun menjadi PNS guru terlama di Blora, namun ia tidak mendapat penghargaan apa-apa meskipun hanya sekadar sertifikat atau sejenisnya. "Tapi alhamdulillah, saya bersyukur sudah hidup begini, saya tidak menuntut apa-apa dari pemerintah, karena bekerja jadi guru itu harus ikhlas dan tulus," jelas kakek dari beberapa cucu tersebut. Mendidik itu, katanya, butuh perjuangan dan harus iklhas. "Ikhlas itu merupakan ilmu tertinggi dalam bekerja. Jadi bekerja apa saja, mau jadi guru, pedagang, pengusaha harus ikhlas," tandas Dia kepada Harianblora.com.

Pensiunan PNS guru yang tinggal di Dukuh Kalikangkung, Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora ini sangat berpedan dalam berbagai kegiatan. Ia berhasil mendirikan beberapa sekolah di desanya dan menjadi pelopor pembangunan jembatan, masjid, balaidesa dan berbagai bangunan penting lainnya. "Tahun 2000nan saya juga memprakarasi mendirikan jembatan kayu jati yang sangat bermanfaat di desa saya yang terpencil ini," ujar Dia. (Laporan Khusus Harian Blora. Foto: Harianblora.com).
Baca juga: Pardan, Guru PNS Terlama Mendidik di Blora.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Guru Tak Bisa Bangkrut, Pengusaha Bisa Bangkrut Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora