Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 4 December 2014

Kabupaten Blora Harus Miliki Kampus Negeri



Blora, Harianblora – Kabupaten Blora harus miliki kampus negeri.  Hal itu disampaikan Hamidulloh Ibda, akademisi Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (Unnes), Kamis (4/12/2014) kepada Harianblora. Menurut warga Tunjungan, Blora, tersebut, Blora sebagai kabupaten yang unik di Jawa Tengah harus memiliki kampus negeri. “Sebagai kabupaten unik, penuh budaya, Blora harus memiliki kampus negeri, ya bisa saja namanya Universitas Negeri Blora,” paparnya.

Menurut Ibda, meskipun hal itu sulit, namun harus tetap diwacanakan. “Meskipun tidak negeri, namun kampus di Blora bisa mengusung nama Samin atau Pram. Samin dan Pram bagi saya adalah tokoh nasional yang namanya patut dijadikan dan diabadikan sebagai nama kampus,” jelas Dia.

Bisa saja, katanya, namanya Universitas Pram Blora (UPB), atau Universitas Samin Blora (USB) atau mengusung nama Sunan Pojok. “Nama-nama itu kan unik dan menjadi landmark Blora untuk dikenal di Indonesia,” katanya. Selain itu, menurut Ibda, posisi Blora juga strategis karena menjadi perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu Blora dan Bojonegoro.

Senada dengan hal itu, Dian Marta Wijayanti, pemerhati pendidikan dan alumni SMA Negeri 1 Blora berharap wacana ini ditindaklanjuti pemerintah. “Banyak mahasiswa asal Blora yang merantau ke kota-kota lain, seperti Jogjakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang dan di wilayah Jawa Timur karena di Blora tidak memiliki kampus andalan,” ujar lulusan terbaik PGSD Unnes tersebut. Hal ini menjadi wacana menarik, lanjutnya, karena Blora juga memiliki sejuta kearifan dan banyak orang cerdas yanga asli Blora namun tidak diberdayakan.

Masalah tempat, katanya, bisa di mana saja asal di Blora. “Bisa di jantung Kota Blora atau bisa juga di Cepu. Karena selama ini Cepu dan Blora justru dinilai maju di Cepu,” ujarnya.

Daftar Kampus di Blora
Sampai saat ini, Kabupaten Blora hanya memiliki beberapa kampus.
Pertama, Kampus IV Poltekkes Kemenkes Semarang yang berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 2 Blora
Kedua, Kampus STAI Muhammadiyah Blora. Tepatnya di Jalan Raya Blora - Cepu Km. 4 Blora
Ketiga, Kampus PTK Akamigas STEM Cepu, yang berada di alamat Jalan Gajah Mada No. 38 Cepu, Blora, Jawa Tengah.
Keempat, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Khozinatul Ulum  yang berada di Jalan Mr. Iskandar 42 Blora.
Kelima, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Muhammad Cepu, Blora, yang berada di Jalan Blora 151 Cepu-Blora. (HB3/Foto:Tiara).

Baca juga: Forum Osis Nusantara Gelar Sejuta Pita untuk Indonesia.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kabupaten Blora Harus Miliki Kampus Negeri Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora