Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 15 December 2014

Mengapa Blora Disebut Daerah Sulit Air?



Blora, Harianblora.com – Sulit air. Ya, fenomena itu terjadi saat musim kemarau di Blora. Selain sumur kering, jalan berdebu, sawah gersang, cuaca di Blora ketika musim kemarau sangat panas. Berikut ini, laporan khusus Redaksi Harianblora.com berkaitan dengan kekeringan di Blora yang ditinjau dari beberapa pendekatan.

Pertanyaanya kemudian, Mengapa Blora Disebut Daerah Sulit Air?
Secara ilmiah, kita bisa menjawab hal itu dengan menggunakan beberapa pendekatan. Secara geografis, letak Blora yang berada di Jawa Tengah bagian timur berbatasan dengan Jawa Timur. Blora, berdekatan dengan Demak, Kudus, Pati, Rembang, Grobogan. Blora secara luas, jika dihitung yaitu kurang lebih 1.820,59 km².

Ada beberapa penelitian tahun 2011 yang mengatakan alasan mengapa blora disebut daerah sulit air. Pertama,struktur tanah Blora memiliki komposisi susunan tanah 56% gromosol, 39% mediteran, dan 5% alluvial. Tanah gromosol, menurut beberapa ahli sangat cocok untuk pertanian. Mengapa? Karena berlempung, demikian pula tanah alluvial yang merupakan hasil pengendapan aliran sungai.

Berbeda lagi dengan tanah mediteran atau sering disebyt tanah kapur yang tidak subur dan bukan tanah yang baik untuk mengikat air tanah. Inilah sebabnya, tanah di Blora sangat sulit untuk menyimpan air. Mengapa demikian? Keberadaan tanah mediteran yang mencapai 39% luas wilayahdi Blora, menyebabkan sebagian wilayah Blora adalah wilayah yang rawan kekeringan.

Hal itu lah sebabnya Blora juga dikenal sebagai daerah sulit air. Jadi, jangan heran jika ketika kemarau datang, Blora selalu kekurangan air, karena secara struktur tanah tidak memenuhi untuk menjadi tanah yang kaya akan air. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com/Foto:SM).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mengapa Blora Disebut Daerah Sulit Air? Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora