Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 29 December 2014

Rambutan Binjai di Blora Harganya Mencapai 18 Ribu Perkilo



Blora, Harianblora.com – Musim rambutan telah tiba. Banyak rambutan dengan berbagai jenis mulai di jual di Kabupaten Blora. Salah satunya adalah jenis rambutan Binjai. Rambutan ini merupakan rambutan yang berambut dan berasal dari Binjai, Sumatera Utara. Rambutan Binjai diambil dari nama Binjai, Sumatera Utara yang mudah ditanam, memiliki keunggulan disbanding jenis rambutan lain.

Di Jawa Tengah, khususnya di Blora, rambutan ini mulai dijual di berbagai tempat.  Rambutan Binjai di Blora harganya mencapai 18 ribu perkilo. Salah satu penjual rambutan binjai yang mangkal di tepi Jalan Gatot Subroto Blora mengaku, harga rambutan Binjai yang ia jual harganya menarik. “Yang paling murah 13 ribu, ada yang 15 ribu, dan yang paling mahal ya ini 18 ribu perkilonya,” papar penjual tersebut saat ditemui Harianblora.com, Senin (29/12/2014) sekitar pukul 11.53 Wib. Ia mengaku, awal kali menjual di musim hujan ini sangat laris dan dagangannya cepat terjual habis.

Salah satu guru dari Blora mengaku membeli rambutan Binjai karena ia sedang ngidam. “Saya beli rambutan karena lagi ngidam,” ujar guru tersebut saat ditemui Harianblora.com. Menurut guru yang memiliki nama Yuliani tersebut membeli 2 kg untuk dia dan adiknya. “Rasanya manis, saya beli 2 kg untuk saya dan adikku,” jelasnya.

Secara ilmiah, rambutan disebut sebagai tanaman yang hidup di daerah tropis. Ia tergolog suku lerak-lerakan atau Sapindaceae yang berasal dari kepulauan di Asia Tenggara. Rambutan, diambil dari bentuk dan tekstur buahnya yang berambut seperti manusia. Sebagai tanaman yang hidup di daerah tropis, rambutan banyak dijumpai dari Afrika, Amerika Tengah, Filipina,  India, Indonesia, Kamboja, Karibia,  Malaysia, Sri Lanka dan Thailand.

Untuk rambutan Binjai, ia adalah salah satu jenis rambutan di Indonesia yang paling banyak ditemukan di Binjai Sumatera Utara yang memiliki nama latin Nephelium. Rambutan Binjai sangat popular di Jawa, khususnya di Jawa Tengah. Ada jenis lain yang sudah populer dan dikembangbiakkan di Jawa.

Bahkan, sejak tahun 2005, Departemen Pertanian Republik Indonesia merillis data jenis rambutan yang unggul sebanyak 10 jenis. Rambutan itu meliputi rambutan Rapiah dari Pasar Minggu, rambutan Bahrang dari Langkat, Lebak bulus dari Pasar Minggu, rambutan Binjai, rambutan Sibatuk Ganal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan, rambutan Nona dari Kampar, Riau, rambutan Antalagi dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan.

Selain itu, ada juga rambutan Sibongkok dari Sungai Luhut, Kalimantan Selatan, rambutan Garuda dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan, rambutan jenis Tangkue Lebak dari Kecamatan Maja, Banten dan terakhir jenis rambutan Narmada dari NTB.  Jenis rambutan ras lokal juga banyak dibudidayakan, seperti rambutan Sinyonya dan Sitangkue. Jenis rambutan ini digunakan sebagai batang bawah dalam okulasi. (Red-HB20/Foto:Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Rambutan Binjai di Blora Harganya Mencapai 18 Ribu Perkilo Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora