Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 25 December 2014

Sekolah Terpencil di Blora, Mts dan SMK NU Kradenan Blora Hanya Memiliki 41 Siswa dan 5 Guru



Nglebak, Harianblora.com - Ironis. Sekolah terpencil se Blora, MTs dan SMK NU Kradenan Blora hanya memiliki 41 siswa dan 5 guru yang berada di Dukuh Kalikangkung, Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora. Menurut Heru Santoso, SPd, jumlah siswa di MTs dan SMK tersebut hanya memiliki 41 siswa-siswi. "Untuk SMK, kelas 1 jumlahnya  9 orang, kelas 2 hanya 3 orang dan kelas 3 juga 3 orang. Sisanya siswa-siswi SMP," paparnya.

Jumlah guru, menurut Heru juga sangat sedikit di seluruh dunia. "Ini lembaga pendidikan formal, namun gurunya hanya 5 orang. Itu pun mengajar di 2 sekolah, yaitu MTs dan SMK. Gurunya harus bisa semua mata pelajaran karena merangkap-rangkap," jelasnya pada Harianblora.com, Kamis (25/12/2014). Sekolah ini terpencil, karena lokasinya jauh dari kota dan di tengah hutan.

Menurut Heru, untuk menuju ke Blora kota saja butuh waktu 2 jam an. "Jika ke Blora naik mobil, biasanya lewat Ngawi, Bojonegoro dan Cepu. Itu butuh waktu 3 jam lebih kalau jalannya lancar," papar Heru selaku pendiri sekolah. Dari Blora kota juga jauh, lanjut Dia, justru lebih dekat dengan Ngawi. Jadi, paparnya, semua akses peradaban dan kebutuhan sehari-hari justru beli dari Ngawi, karena kami terpencil, terpelosok, lewat hutan dan malah lebih dekat ke Ngawi Jawa Timur.

Heru yang juga alumni IKIP Madiun menuturkan, semua fasilitas sekolah ala kadarnya. "Dulu gurunya ada 7, namun yang 2 cuti dan berhenti ngajar untuk cari uang dan pekerjaan lain karena gajinya tidak mencukupi untuk hidup. Heru juga menyerahkan semua tenaga, pikiran, harta dan semuanya untuk dua sekolah tersebut yang statusnya di bawah naungan LP Ma'arif NU

"Kami sangat berharap bantuan dari mana saja untuk meneruskan perjuangan kami," harapnya. Terpisah, Sumardjan, SPd,  M.MPd selaku Kepala SDN 1 Tawangrejo Tunjungan Blora yang pernah ngajar di Nglebak juga mengatakan MTs dan SMK NU Kradenan itu sangat terisolir di Blora bahkan Jawa Tengah. "Sekolah ini sangat terisolir di Blora bahkan Jawa Tengah," ujarnya pada Harianblora.com, Kamis (25/12/2014). Sampai saat ini, untuk SMK NU Kradenan baru membuka 1 jurusan, yaitu Akuntansi. (Red-HB23/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Sekolah Terpencil di Blora, Mts dan SMK NU Kradenan Blora Hanya Memiliki 41 Siswa dan 5 Guru Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora