Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 22 February 2015

Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu dengan Mudah



Cara membedakan batu akik asli dan palsu dengan mudah sebenarnya bisa anda cari di Google atau buku dan beberapa orang yang ahli serta menekui dunia batu akik. Ada beberapa cara untuk membedakan, mendeteksi batu akik asli dengan yang palsu. Apalagi, saat ini batu akik sedang ramai di Kabupaten Blora, Grobogan, Demak, Kudus, Pati, juga Bojonegoro dan Jawa Timur pada umumnya.
Menurut beberapa cara yang dilansir Harianblora.com, ada beberapa cara membedakan batu akik asli dan palsu dengan mudah di bawah ini.


Cara pertama, kita bisa membedakan batu akik yang asli dengan yang palsu dengan senter. Ya, dengan membawa senter dan menyorot batu akik tersebut, kita bisa membedakan batu akik yang asli dengan yang abal-abal. Cara ini merupakan yang paling dasar yang dilakukan para pecinta batu akik pemula maupun yang sudah senior.

Keaslian dan kualitas batu akik bisa dideteksi dengan cara menyorotkan sinar senter pada sebuah batu akik. Sebab, ketika sebuah batu akik asli ketika disenter akan terlihat adaya serat-serat. Dari berbagai penelitian, ternyata serat-serat di dalam batu akik tersebut menentukan kualitas dan juga harga batu akik tersebut.

Kedua, jika sudah disorot, maka sudah jelas mana yang asli dan mana batu akik yang abal-abal. Pasalnya, batu akik palsu, setengah asli atau masakan tidak akan memiliki serat, dan akan terlihat jernih sekali ketika disenter. Maka cara ini bisa dilakukan untuk mendeteksi batu akik yang kini sedang ramai di Blora, Demak, Grobogan dan sekitarnya. Sebab, batu akik yang asli, akan bisa terlihat serat yang membuktikan keaslianya, seperti contoh batu akik seperti “bacan” dan “pandan”. Mengapa demikian? Sebab, batu akik yang alami, dipastikan memiliki serat-serat natural dan unik, berbeda dengan buatan manusia yang bisa itu manipulasi atau hanya hasil masakan. 

Untuk pemula, cara menyorot menjadi cara yang paling dasar. Saat batu disenter, alangkah detailnya jika Anda melihat di bawah cahaya tersebut, ada seratnya atau tidak. Jika tidak ada serat dan terlalu bersih, maka dipastikan batu akik itu batu masakan, palsu dan keasliannya diragukan.

Ketiga, Anda juga bisa menempel ke kulit, pipi atau tangan. Jika rasanya dingin, maka dipastikan batu akik tersebut setelah disenter adalah asli. Namun jika agak panas, dipastikan batu akik tersebut adalah palsu.

Keempat, cara selanjutnya adalah dengan meneteskan air ke atas batu akik tersebut. Jika tetesan air di batu akik menetap, maka dipastikan batu tersebut adalah asli. 

Kelima, Anda juga bisa menjalankan cara membedakan batu akik dengan mengukur berat batu tersebut. Batu akik yang asli dan kaca, tentu bisa terasa beda beratnya. Namun jika Anda adalah pemuda pecinta batu akik, akan sangat sulit membedakan rasa berat dari batu akik dan kaca. Hanya para pecinta akik yang ahli dan yang sudah berpengalaman yang sudah bisa membedakan.

Keenam, bagi pemuda, alangkah lebih baiknya membaca artikel atau mencari tahu tentang jenis-jenis, karakter dan ciri-ciri batu akik. Misalnya jenis bacan, Anda harus mencari tahu ilmu atau karakter batu bacan, jenis, harga dan kualitas batu jenis tersebut.

Bagi Anda yang ingin mencoba dan tertarik mengoleksi batu akik, Anda harus paham detail jika tidak ingin tertipu. Sebab, saat ini batu akik sedang ramai di wilayah Blora, Grobogan, Demak, Pati, Rembang, Kudus, Semarang bahkan di wilayah Jawa Timur. Yang pasti, pastikan diri Anda tahu ilmu tentang akik agar tidak tercekik. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

Item Reviewed: Cara Membedakan Batu Akik Asli dan Palsu dengan Mudah Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora