Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 13 March 2015

Barongan Blora Akan Dipentaskan Duta Wisata Blora di TMII Jakarta



Jakarta, Harianblora.com – Barongan Blora akan dipentaskan Duta Wisata Blora di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta pada Minggu (15/3/2015). Hal itu dilakukan dalam rangka melestarikan atau nguri-nguri budaya Jawa Tengah khususnya Kabupaten Blora.


Tidak hanya Barongan Blora, namun dalam pementasan tersebut juga akan mementaskan kesenian Blora yang lain yaitu musik Campursari dan Tari Tayub yang sesuai rencana digelar mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai.

Sesuai rencana, Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah akan mementaskan kesenian tradisional di Anjungan Daerah Jawa Tengah TMII di Jakarta. Pentas duta seni kali ini menampilkan Kabupaten Blora.

Kepala Bagian Kebudayaan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (PPKKI) Kabupaten Blora Yoyok menuturkan, seni Barongan adalah salah satu kesenian yang ada di Kabupaten Blora. Tarian tersebut mirip dengan Reog Ponorogo, namun pada seni Barongan menggunakan singa. 
Seni Barongan Blora

Sebelum pentas, ungkap Yoyok, Barongan diarak dari luar anjungan menuju panggung Anjungan Jawa Tengah. “Untuk Tari Tayub, kita pentaskan dengan musik kolaborasi antara musik gamelan dan musik campursari,” ujar Yoyok seperti yang dilansir indopos.co.id pada Jumat (13/3/2015). 

Menurutnya, pengisi kesenian musik Campursari dan Tari Tayub berasal dari Sanggar Cafe In Campursari Tempuran Kecamatan Blora, di bawah binaan Dinas PPKKI Kabupaten Blora yang dipimpin Slamet Pamuji, serta menampilkan potensi Barongan Blora yang ada di Jakarta. (Red-HB34/Nas-Indonpos/Foto:Harianblora.com).

Baca juga: Komunitas Masyarakat Blora di Jabodetabek Wajib Nonton Barongan Blora di TMII Jakarta.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Barongan Blora Akan Dipentaskan Duta Wisata Blora di TMII Jakarta Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora