Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 4 March 2015

Batu Akik Sigori Lafau Harganya 15 Miliar dan Akan Disertifikatkan



Blora, Harianblora.com –  Setelah kemarin ramai dibicarakan batu akik Nyi Roro Kidul yang harganya mencapai Rp 1.2 Miliar, kini  batu akik Sigori Lafau harganya 15 miliar dan akan disertifikatkan  yang mulai ramai dibicarakan kaum pecinta dan kolektor akik.

Jenis batu Sigori Lafau yang harganya mencapai Rp 15 miliar
Menanggapi hal itu, Rudi Hartono Maswan (39), Ketua Asosiasi Kolektor Batu Akik Bacan Jawa Tengah, Rabu (4/2/2015) siang mengatakan harga 15 miliar tersebut sangat wajar. “Ya kalau masih tataran miliar belum termasuk waw, sebab masih banyak harga batu akik yang mencapai triliun,” bebernya kepada Harianblora.com.

Menurut Rudi, batu akik jenis Sigori Lafau adalah salah satu batu akik dari Kepulauan Nias, Sumatera Utara. “Unik memang, dan susah dicari. Makanya batu akik jenis Sigori Lifau sangat mahal,” tukas pria penggemar batu akik jenis Bacan tersebut.

Beberapa hari ini, batu akik jenis Sigori Lafau memang ramai dibicarakan. Awalnya, harga batu akik ini hanya sekitar Rp 10 sampai Rp 12 miliar. “Akan tetapi, saya dikabari teman ternyata sudah mencapai 15 miliar,” tegas Rudi.

Tidak hanya seharga Rp 15 miliar, lanjut Rudi, namun penjual batu akik Sigori Lafau juga akan menyertifikatkan batu akik tersebut.
 
Batu akik Sigori Lafau, menurut Rudi memiliki ukuran panjang 6 cm, lebar 3 cm, dan tebal 0,5 cm. “Beratnya 4 gram dan di dalam batu terdapat butiran emas, perak, dan berlian yang tersebar di seluruh bagian. Beberapa warna dasar memenuhi ruang batu, yakni merah, kuning, abu-abu, merah muda, hitam, dan beberapa warna lainnya,” jelas Rudi.

Saking uniknya, kata Rudi, batu akik tersebut akan diteliti karena diakui sebagai salah satu batu akik tertua. “Setahu saya batu akik tersebut akan diteliti Gem Research International,” tukasnya.

Sebenarnya, kata Rudi, banyak sekali potensi batu lokal di Jawa Tengah yang bisa dikembangkan. “Tak hanya di Purbalingga dan Kebumen, namun di Pati, Blora juga banyak potensi batu akik, seperti jenis Jalasutra yang berada di pegunungan Kendeng,” pungkas pria muda tersebut. (Red-HB34/Foto: Hendrik). Baca juga: Demam Batu Akik di Blora, Kudus, Demak, Grobogan, Semarang Dipastikan Bertahan Lama.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Batu Akik Sigori Lafau Harganya 15 Miliar dan Akan Disertifikatkan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora