Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday 25 March 2015

Berwisata di Kampung Samin Karangpace Klopoduwur Banjarejo Blora



Blora, Harianblora.com – Bagi warga Blora, warga Pati, Kudus, Rembang, Grobogan dan umumnya warga Jawa Tengah bahkan Indonesia jika ingin tahu pusat sejarah, perkembangan dan kebudayaan keturunan Samin Surosentiko perlu berwisata di Kampung Samin Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.
 
Jalan menuju Kampung Samin.
Alamat Kampung Samin Blora ini sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Blora. Letak Kampung Samin Blora adalah di Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kampung Samin merupakan salah perkampungan di Blora, Jawa Tengah sebagai pusat warga Samin. Selain didirikan Pendopo Samin, di lokasi ini juga terdapat sawah, hutan jati, beserta sapi-sapi warga Samin yang digembala para warga yang memiliki sapi.

Selain pendopo, di dekatnya juga ada rumah Mbah Lasio sebagai tokoh Blora atau keturunan ketiga dari Samin Surosentiko. Bagi para peneliti, akademisi, pecinta budaya atau masyarakat umum bisa wawancara, tanya jawab atau menelisik lebih dalam ajaran Samin melalui Mbah Lasio.

Banyak penelitian dilakukan yang objeknya adalah Samin Surosentiko. Mereka meneliti, mengkaji, mengalisis dan menyimpulkan ajaran Samin Surosentiko sebagai salah satu ajaran yang agung dan patut ditiru.

Di Pendopo Samin dan di dalam rumah Mbah Lasio juga ada pokok-pokok ajaran Samin yang ditulis dan dipajang yang bisa dibaca dan teliti pengunjung. Uniknya, banyak budaya warga setempat yang bisa diteliti.

Lebih mengherankan lagi, jika Anda ke sana dan diberi suguhan, namun Anda tidak memakan atau meminumnya, maka ketika Anda ke sana lagi bahkan selamanya Anda tidak akan disuguhi makanan atau minuman kembali. Mau tahu kondisinya seperti apa? Langsung saja datang ke Kampung Samin Dukuh Karangpace, Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Jangan hanya cari informasi tentang Samin dari internet, berita, youtube, buktikan sendiri karena banyak keunikan dan fakta-fakta yang kurang tepat yang Anda dapatkan dari internet. Presiden Jokowi saja tak lama ini ke sana, masak Anda tidak tertarik ke sana. (Laporan Khusus Redaksi Harianblora.com).
Pendopo Samin di area Kampung Samin Blora.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

  1. Halo kak, kalau kita datang ke sana, apa harus buat janjian dulu untuk diwawancarainya? atau kakak ada kontak yang bisa di hubungi? Terima kasih :)

    ReplyDelete

Item Reviewed: Berwisata di Kampung Samin Karangpace Klopoduwur Banjarejo Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora