Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Monday, 30 March 2015

Daftar Pesangon Pensiun PNS Mulai Tahun 2017 Beredar, Benarkah?

Wacana gaji pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kini mulai ditanggapi serius berbagai pihak. Penerapan UU Aparatur Sipil Negara (ASN) membawa dampak berbagai bidang, salah satunya Pola Diklat Prajabatan CPNS, perubahan nama PNS menjadi ASN dan tentunya gaji pensiun yang diganti dengan pesangon.


Foto: Hms.
Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), maka per 1 April 2015 pegawai negeri tidak bisa lagi bekerja seenaknya. Statusnya juga akan berubah, yaitu dari PNS menjadi ASN. Di sisi lain, selain nama dan status, pola gaji pensiun juga akan berubah, dari awalnya dibayar setiap bulan, maka sesuai wacana terbaru akan berubah menjadi “sistem pesangon”.

Daftar pesangon pensiun PNS mulai tahun 2017 sudah beredar meskipun masih wacana. Kebijakan tersebut erat kaitannya dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK 010/2012 tentang Perubahan Ketiga Peraturan Menteri Keuangan Nomor 343/KMK/1998 tentang Iuran dan Manfaat Pensiun yang ditetapkan 3 April 2012 lalu.

Ketika akan pensiun, maka PNS atau ASN akan mendapat pesangon sesuai golongannya saat masih bekerja. Berikut daftar pesangon pensiun PNS mulai tahun 2017:

1 PNS golongan I dan II mendapat pesangon sebesar Rp 500 juta
2 PNS golongan III  Rp 1 miliar
3 PNS golongan IV Rp 1,5 miliar.

Sistem pembayaran pesangon dan daftar pesangon pensiun PNS mulai tahun 2017 ini harus diketahui semua PNS di negeri ini.
Yuddy Chrisnandi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pernah menjelaskan rencana pembayaran pensiun dan jaminan hari tua tak lagi berasal dari APBN mulai 2017 mendatang. Pembayaran menjadi tanggung jawab pemberi kerja.

Sejak lama Kementerian Keuangan terbebani anggaran pensiun. Tahun ini tembus Rp 92,4 triliun. Pemerintah belum memutuskan pembayaran pensiun dari pay as you go menjadi fully funded. Masih perlu pematangan dan belum bisa direalisasi pada 2017.

Dari wacana ini, maka wajar jika banyak PNS akan galau dan mereka dituntut kerja keras, merevolusi mental seperti amanat Presiden Jokowi yang terwujud dalam kebijakan yang dikeluarkan Menpan RB. 

Akan tetapi, Kemenpan RB menegaskan wacana tersebut tidak benar. Seperti yang dilansir di Menpan.go.id, Pemerintah membantah rumor yang beredar di media sosial tentang pembayaran pensiun PNS yang akan dibayarkan secara langsung mulai tahun 2017.

"Tidak benar itu. Sampai saat ini belum ada kebijakan seperti itu," ujar Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja, melalui pesan WA, Minggu (08/2/2016).

Bagi masyarakat, guru, PNS dan calon pensiunan, jangan terpengaruh dengan isu di atas, karena dulu hanya wacana dan kini Kemenpan RB menegaskan bahwa wacana pensiunan tersebut tidak benar. (Red-Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

66 comments:

  1. hahahaha,.............. pensiunan jadi milyadheeeerrrrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum seberapa dibanding MILYAR yang dimiliki KORUPTOR NKRI, milyar yang diterimakan pensiun (kalau benar IYA) cuma sepersejutnya kekayaan KORUPTOR

      Delete
  2. Cara supaya pns sejahtera . Amiin

    ReplyDelete
  3. BBM saja belinya ngothek. Apalagi buat mbayar pesangon. PNS yg pensiun tahun 2015 kurang lebih 100rb. Gunung emas freeport aja dikeruk dewe, buat ngasih pesangon pns.

    ReplyDelete
  4. Gunung emas freeport aja dikeruk dewe. Biar bisa mbayar pesangon pensiunan.

    ReplyDelete
  5. sungguh siksa Allah sangat Pedih buat orang yg gonta-ganti kebijakan, yg swasta dr Pesangon diganti Pensiun, yg PNS dr Pensiun diganti Pesangon.....yok apa Kangggggg!!!!!!!!

    ReplyDelete
  6. ah .... cuma ngomong doang pake repot kang....

    ReplyDelete
  7. Yang bikin tulisan ini ga becus.. kalo dengerin info tuh dicerna baiki2.. istilah PNS tuh msh ada.. coba baca UU 5/2014 yg bener..

    ReplyDelete
  8. Kasian nasib PNS yg pensiun, Kalo bsa atUr pesangoN bAgus tp kalo gak, siap2 kelaparan, bila perlu jadi teroris untuk sesuap nasi.. Otak2 pjaBat indoNesia ternyata oTak dEngkul Smua,
    gaji Pns jadi kambing hItam.. uang jalan2 pjaBat, mObil Mewah dll gak dibAhas.. jangan salahkan anak bAngsa jadi teroris, kriminal meningKat, otak jokowi dan cAra pikir mu dangkal.. di eropa glandangan aja dapat gaji tiap bulan,

    ReplyDelete
  9. mohon kepada pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan para pensiunan pns jangan hanya untuk para pejabat saja yang dipikirkan yang hanya 5 tahun saja kerja .

    ReplyDelete
  10. mudah mudahan saja pemerintah bisa membekali asn/pns yang pensiun itung itung beri onh dan sekalian buat bayar utang, plus bekal anak anak sekolah amiiiin Ya Alloh kabulkanlah Do,a kami

    ReplyDelete
  11. info bermanfaat
    langsung bisa cek taspen nih
    terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
  12. Sejak lama Kementerian Keuangan terbebani anggaran pensiun. Tahun ini tembus Rp 92,4 triliun. Pemerintah belum memutuskan pembayaran pensiun dari pay as you go menjadi fully funded. Masih perlu pematangan dan belum bisa direalisasi pada 2017.

    ReplyDelete
  13. mudah mudahan benar dan menjadi berkah bagi para PNS/ASN

    ReplyDelete
  14. Moga moga selaga sesuatunya ini berjalan dengan benar dan sukses.

    ReplyDelete
  15. moga semua ini bener, jangan cuma iseng atau hayalan belaka.

    ReplyDelete
  16. Replies
    1. Duite rakyat , untuk kesejahteraan rakyat ,
      PANCASILA dipakai coba ? Bukan untuk kesejahteraan golongan tertentu !

      Delete
  17. Lha uangnya siapa buat bayar pesangon pns? Uang negara habis buat maling...tuh maling

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Pesangon bagi PNS sangat baik bagi yg cocok caranya berikan tawaran bagi PNS dari Pemerintah siapa yg mau ....

    ReplyDelete
  20. banyak yang cocok pensiun diberikan sebagai pesangon dicepetke mawon pak joko w dan pak mentri. matur nuwun.

    ReplyDelete
  21. http://www.menpan.go.id/berita-terkini/4337-kementerian-panrb-bantah-rumor-tentang-pensiun-pns-dibayar-sekaligus-mulai-2017

    ReplyDelete
  22. Lebih baik pesangon biar bisa umroh, bersama suami istri, bayar utang ,nabung dari uang bulanan sulit, urusan yg biar diatursediri mrk pasti bisa dah terlatih.

    ReplyDelete
  23. semoga,,,pesangon dapat terlaksana ,,dan bukan hanya wacnana tapi yg pastinya pemerintah dapat menpertimbankannya...dan,pesangon insyaallah terlaksana..amin

    ReplyDelete
  24. Semoga ya realita, bisa buat modal usaha bapak saya setelah pensiun. Amim

    ReplyDelete
  25. kita sebagai pns yg rendahan berharap sekali dengan wacana ini, biar kita merubah hidup mandiri dari pada mengharap pemerintah yang selalu tempat bergantung. mungkin wacana ini masyarakat bisa maju. uang pemerintah itukan uang masyarakat bukan uang pribadi, kasian dong kami pns yang rendahan ini.

    ReplyDelete
  26. Pesangooon ..... mantaaaaaaaab
    aku daftar duluan ... laa aku yo wis umur 50 th. haree...
    uang e bisa buat beli rumah. Makmur dech..haji plus ..plus
    pluuus.
    Terus apa wacana tinggal wacana. Semoga Terealisasi. Aamiin..aamiin ..aamiin Yaa Robbal 'alamiin.

    ReplyDelete
  27. hore...jumlah milyarder di negara ini akan nertambah banyak ayo pensiun berjamaah

    ReplyDelete
  28. jangan ngibul mulu,,,yg bikin berita ini EDAn!

    ReplyDelete
  29. apa yg tdk bisa, kita ini negara besar, tinggal kita mau jujur atau hanya cari pencitraan, kalau kita semua jujur insya Allah bayar pesangon pns itu pasti bisa, asal korupsi diberantas habis sampai keakar akarnya, msalahnya saat ini korupsi uang negara masih tinggi, hanya saja yg ketangkap - 5% yg tdk tertangkap -70% dan yg jujur baru -25% kalau dah begini susah mau maju, apalagi mau bayar pesangon pns, mimpi dululah tak apa. muda mudahan kejujuran semakin meningkat sampai -90% . atau hukum berjalan tegas tidak pandang bulu walaupun anak sendiri dan sanksinyapun harus seberat beratnya, terutama sanksi buat oknum penegak hukum yg melanggar hukum harus kebih berat dibandingkan warga yg kurang paham hukum supaya penegak hukum betul betul menegakan hukum. semoga mimpi ini bisa jadi nyata ...amin

    ReplyDelete
  30. Pesangon utk pns tak perlu diberikan yg penting ada uang negara untuk pejabat yg korup kesiapan kalau pejabatnya kurus.

    ReplyDelete
  31. jangan mimpi PNS/ASN jadi sejahtera,Kalo untuk PNS mana mau Pemerintah Mikirin PNS,kalo uda ga ke pake buang aja kaya barang loakan

    ReplyDelete
  32. Kalo pensiun tinggal nunggu mati

    ReplyDelete
  33. Tapi bagaimana nasib yg sdh pensiun sejak sebelumnya aturan yg baru ini.
    Tlng dijelaskan...

    ReplyDelete
  34. Cumak omong doank gk ada kepastian

    ReplyDelete
  35. Beritanya masih abu abu alias blm jelas... nasib oh nasib rakyat jelata

    ReplyDelete
  36. HOAXX DAN HOAXX, NAMANYA JUGA XOAX, GAK JELAS SIAPA YG PERTAMA KALI LEMPAR ISU SEPERTI INI. PARAH.

    ReplyDelete
  37. klow saya Si sanggat setuju sekali ya bila PNS itu di kasih uang pesangon aj, soalnya di jaman sekarang ini banyak sekali para pegawai PNS yg kerjanya tdk sunguh² untuk memajukan Negara, tapi hanya untuk memajukan diri Sendi, Kasian Negara yg tiap tahunnya Terbebani 92,4 Triliun, saya setuju sekali bila PNS di kasih pesangon aja.

    ReplyDelete
  38. ITU SEMUA BARU WACANA DAN DITEGASKAN OLEH MENPAN BAHWA TIDAK BENAR ! KALAU BOLEH BERKELAKAR DAN BISA ITU DI BAYAR PAKAI ANGGARAN YG MANA ? ATAU PAKAI UANG YEN ? ITUPUN YEN ONO DUIT. SUDAHLAH AYO-AYO KONSENTRASI KERJA-KERJA JANGAN TERPENGARUH ANGIN SURGA, LHA WONG NEGARA SENDIRI UANGNYA LAGI KACAU BIN BALAU. BERDOA SAJA SEMOGA NEGERI INI KEDEPAN TAMBAH JAYA MAKMUR GEMAH RIPAH LOH JINAWI TOTOTENTREM JONI RAHARJO

    ReplyDelete
  39. yaaaa...kita ini cuma manuasi bisa apa sih??? semua keputusan hanya Allah yang menentukan. apapun yang terjadi terima dengan ridho... iya kan. jadi tenang aja ga usah galau.berdo'a aja yang terbaik untuk negri tercinta ini kake buyut kita dulu berjuang tanpa pamrih kok,

    ReplyDelete
  40. BIAR AJA GOMONG INI NGOMONG ITU YANG PENTING BUKTINYA KAPAN DIBAYAR PESANGAON TERIMA AJA KOK REPOT

    ReplyDelete
  41. SAYA MENGHIMBAU BAPAK PRESIDEN AGAR PERATURAN PENSIUNAN PESANGON PNS CEPAT DIREALISASI,JANGAN TARIK ULUR LAGI,JANGAN BILANG NEGARA TDK MAMPU,MISALNYA YANG PENSIUNAN TAHUN INI 100 RIBU ORANG X 1 M =100 TRILIUN DARI JLH ITU MENURUT SAYA ORANG AWAM BELUM SEBERAPA KALAU DIBANDINGKAN DARI PENGHASILAN PAJAK NEGARA.TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  42. SAYA MENGHIMBAU BAPAK PRESIDEN AGAR PERATURAN PENSIUNAN PESANGON PNS CEPAT DIREALISASI,JANGAN TARIK ULUR LAGI,JANGAN BILANG NEGARA TDK MAMPU,MISALNYA YANG PENSIUNAN TAHUN INI 100 RIBU ORANG X 1 M =100 TRILIUN DARI JLH ITU MENURUT SAYA ORANG AWAM BELUM SEBERAPA KALAU DIBANDINGKAN DARI PENGHASILAN PAJAK NEGARA.TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  43. BIAR AJA GOMONG INI NGOMONG ITU YANG PENTING BUKTINYA KAPAN DIBAYAR PESANGAON TERIMA AJA KOK REPOT

    ReplyDelete
  44. hey bung...pikirkan yang bukan pns
    sejahterakan mereka segera...

    ReplyDelete
  45. Jika pesangon tdk di realisasi,,mendingan jokowi mngundurkan diri krn itu lbh bijak..

    ReplyDelete
  46. Teroris akan mnjamur d negara kita jika pemerintah kurang memperhatikan kesejahteràan rakyat..hanya dgn janji janji yg tdk terealisasikan termasuk slh satu d antaranya janji pesangon pensiunan yg berdampak negatif trhadap anak cucu pensiunan yg berstatus ketergantungan (pengangguran)..

    ReplyDelete
  47. berita ora genah

    ReplyDelete
  48. Pensiunan akan mati kelaparan

    ReplyDelete
  49. daripada mati kelaparan, pensiunan masih di terima masuk isis, apalagi pensiunan tni digaji besar

    ReplyDelete
  50. Negara dan bangsa maju seperti ini berkat para pensiunan, malah dikatakan pensiunan menghabiskan dana, ada apa dengan pensiunan orang2 ini kok benci banget, gaji 14 gk dkasih, gaji gak naik.

    ReplyDelete
  51. siswokokompor67@gmail.com19 August 2016 at 09:23

    la la laaaa. kenapa sih mikirin bagaimana cari uang untuk pesangon PNS / ASN . Negara khan kayaa dan Aparaturnya khan juga Pinter2.
    jual saja tanah sebelah Khan dapat uang banyaak.Hahaha ...

    ReplyDelete
  52. siswokokompor67@gmail.com19 August 2016 at 09:29

    Alhamdulillah dapat pesangon 1 (satu) milyard ...
    Alhamdulillah Honorer K2 diangkat jadi PNS Semuaaaa
    MANTAAAAAAAAB .....

    ReplyDelete
  53. SEMOGA TERWUJUD PERUBAHAN GAJI PNS / ASN 2018 JANGAN HANYA JADI WACANA

    ReplyDelete
  54. SEBAGAI ANAK BANSA INDONESIA MENGHARGAI PERJUANGAN PARA PAHLAWAN YANG TELAH GUGUR DI MEDAN PERTEMPURAN MELAWAN PENJAJAHAN MARILAH KITA MENJADI PUTRA - PUTRI YANG NASIONALISME

    ReplyDelete
  55. hahahaha...... bangkrut negeri ini........

    ReplyDelete
  56. hahahaha...... bangkrut negeri ini........

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Berarti kita harus mencari sp yg bisa merespon, mendukung dan membuat itu terjadi. Kekompakan harus di jalin lebih baik lagi

    ReplyDelete
  59. Tidak mungkin maka jgn banyak mimpi

    ReplyDelete
  60. Jika sdh di wacanakan pembayaran pensiun dng pemberian pesangon... mohon kiranya pak PRESIDEN SECEPATNYA DI AMBIL KEPUTUSAN UNTUK DI REALISASI... THN 2018..PEMBERIAN THR.. PENSIUNAN JUGA DI BERIKAN THR... SEBAGAI PENGHARGAAN ATAS PENGABDIAN YG SDH DI BERIKAN BER PULUH PULUH TAHUN TETHADAP NEGERI INI... SAYA PENDIDIK..MENGABDI SELAMA 39 THN 5 BLN.. HAMPIR 4 DEKADE... ATAS JAWABAN PERINTAH TERHADAP APA YG SY SAMPAIKAN...1. PEMBAYARAN PENSIUN DNG CARA PESANGON...2
    PEMBERIAN THR.. TERMASUK PENSIUN..

    ReplyDelete
  61. PEMERINTAH SEGERA MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK MEREALISASIKAN.." PEMBAYARAN PENSIUN DNG PEMBAYARAN PESANGON... THN 2018... PEMBERIAN THR..TERMASUK PENSIUN.. SEBAGAI PENGHARGAAN PEMERINTAH KPD PENSIUN YG SDH MENGABDI BERPULUH PULUH THN DI NEGERI INI.. TERIMA KASIH ATAS PETHATIAN DAN JAWABAN PERINTAH... TUHAN MEMBERKATI

    ReplyDelete
  62. semoga z bulan ini cair tggl 22 sep 17.karna kalo iya saya juga bakal bisa jadi jutawan.karna saya mau di kasih jatah juga oleh pak deku.amiiin

    ReplyDelete

Item Reviewed: Daftar Pesangon Pensiun PNS Mulai Tahun 2017 Beredar, Benarkah? Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora