Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday 4 March 2015

Demam Batu Akik di Blora Grobogan Pati Rembang Kudus Demak Semarang Dipastikan Bertahan Lama



Blora, Harianblora.com – Demam batu akik di Blora, Grobogan, Pati, Rembang, Kudus, Demak, Semarang, dipastikan bertahan lama. Hal itu disampaikan Rudi Hartono Maswan (39), Ketua Asosiasi Kolektor Batu Akik Bacan Jawa Tengah, Rabu (4/2/2015) siang. Menurutnya, batu akik Blora, batu akik Grobogan, batu akik Pati, batu akik Rembang, batu akik Kudus, batu akik Demak, maupun batu akik Semarang dipastikan tidak hanya numpang lewat.
Ratusan batu akik yang dipamerkan
“Batu akik itu kalau disimpan, semakin lama ya akan semakin unik dan antik, maka otomatis ya semakin mahal dan bertuah,” bebernya kepada Harianblora.com.

Saya memprediksi, ujar dia, demam batu akik akan lama meskipun hanya bagi penggemar tertentu. “Jadi, demam itu bukan dialami semua orang, namun bagi pecinta, demam tidak demam, ya tetap cinta,” tukas dia.

Menurut penggemar batu akik jenis Bacan tersebut, bulan-bulan ini memang lagi musimnya akik maupun batu mulia. “Saya suka batu akik sejak SMA, jadi kalau dibilang numpang lewat, saya tidak,” tukas pria dari dua anak tersebut.

Demam batu akik, kata dia, berbeda dengan ikan Louhan dan bunga Gelombang Cinta. “Kalau bunga dan ikan kan makhluk hidup dan bisa mati. Sedangkan batu ya batu, benda mati, kalau disimpan lama semakin bertuah,” jelas dia.

Ramainya fenomena batu akik, menurut Rudi adalah pengaruh dari media massa. “Mungkin selain media massa ya trend atau gaya hidup. Selain itu, pengaruh para penggede seperti bupati, walikota, pejabat, menteri yang memakai batu akik juga mempengaruhi demam batu akik di Jawa Tengah,” terangnya.

Menurut dia, trend batu akik semakin ramai setelah digelar beberapa pameran dan lomba. “Kemarin di Pati ada pameran batu mulia, di Semarang juga digelar Sentra UMKM dan Pemkot Semarang yang ramai menggemparkan masyarakat,” tukas pria tersebut.

Lama tidak lama, katanya, tentu kalau kacamata kolektor sudah biasa. “Yang tidak biasa kan masyarakat yang memang tidak pernah tahu sejarah, keunikan, jenis, dan muatan kekuatan di dalam batu akik tersebut,” tegas dia.

Kalau kolektor sejati, lanjutnya, dibodohi seperti apa, ya tentu tahu jenis batu mana asli dan palsu. “Tapi kalau penggemar baru dan ikut-ikutan kan mudah tertipu,” pungkas dia. (Red-HB34/Foto: Metro). Baca juga: Batu Akik Sigori Lafau Harganya 15 Miliar dan Akan Disertifikatkan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Demam Batu Akik di Blora Grobogan Pati Rembang Kudus Demak Semarang Dipastikan Bertahan Lama Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora