Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 7 March 2015

Jokowi ke Blora Kunjungi KPH Randublatung Blora Apresiasi Sistem Pertanian Terpadu



Blora, Harianblora.com –  Selain ke Cepu dan Kampung Samin, Presiden Jokowi ke Blora kunjungi Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Randublatung Blora apresiasi sistem pertanian terpadu yang berada di Desa Semanggi, Jepon, Blora, Sabtu (7/3/2015). Lokasi ini merupakan lahan yang dikelola oleh Perhutani dan UGM dengan lokasi petak 18 KPHRandublatung, Desa Semanggi, Jepon, Blora.

Presiden Jokowi saat di KPH Randublatung Blora, Sabtu (7/3/2015).
Kedatangan Jokowi menjadi hal baru bagi warga Blora. Bahkan, ribuan pelajar dengan mengenakan baju pramuka dan membawa bendera merah putih menghiasia kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Menurut Jokowi, Indonesia memiliki hutan jati, lahan perkebunan kelapa sawit. “Bisa dikombinasi dengan tanaman pertanian seperti yang ada disini Jati dengan jagung,'' ujar Jokowi. Tak hanya melihat-lihat, agenda kunjungan kerja tersebut juga dimanfaatkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk memanen jagung bimo super yang ditanam di sela-sela tanaman hutan jati.

Tak hanya ditemani Bupati Blora Djoko Nugroho, dalam kunjungan ke Blora tersebut, Jokowi juga didampingi Menteri Pertanian, Menteri Kehutanan, Rektor UGM Dwikorita Karnawati, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Konsep tersebut, menurut Jokowi bisa diduplikasikan di PT Perkebunan Nusantara (PN) lainnya di seluruh Indonesia. Salah satunya seperti lahan hutan di Ponorogo yang menggunakan konsep yang sama dimana di sela-sela tanaman kayu putih ditanami jagung. Hal itu tentu menjadi pesan penting yang harus ditangkap oleh Perhutani.

Rata-rata, menurut Jokowi, produksi jagung per satu hektar di KPH Randublatung mencapai 7,6 ton per hektar. Hasil panen jagung itu apabila dijual dengan harga per kilo Rp 2.800, maka petani bisa dapat puluhan juta rupiah setiap kali panen. Namun di Perhutani, setiap hektar digarap 3-4 petani, setelah dibagi rata, per kepala keluarga mendapatkan penghasilan sekitar Rp 1,3 juta per bulan. ''Pendapatan segitu didapat dari petani yang tinggal di sekitar sekitar hutan lho,'' ujar Jokowi.

Selain ke Randublatung, Jokowi juga kunjungan ke kampung Samin dengan didampingi Ibu Negara dan beberapa pejabat tinggi. Warga berharap, kedatangan Jokowi tersebut membawa berkah dan perubahan signifikan bagi Blora. (Red-HB29/Foto: HU).

Baca juga: Jokowi ke Blora Bagikan Buku Tulis Kepada Pelajar.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jokowi ke Blora Kunjungi KPH Randublatung Blora Apresiasi Sistem Pertanian Terpadu Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora