Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 29 March 2015

Kecerdasan Pramoedya Ananta Toer Dinilai Sekelas Stephen William Hawking



Blora, Harianblora.com – Kecerdasan Pramoedya Ananta Toer dinilai sekelas Stephen William Hawking. Hal itu diungkapkan Prof M Yudhie Haryono, M.Si, Ph.D Direktur Eksekutif Nusantara Centre, Indonesia saat kunjungan di rumah Pramoedya Ananta Toer di Jetis, Kabupaten Blora, Sabtu (28/3/2015). Kunjungan tersebut berlangsung juga di Perpustakaan Pramoedya Ananta Toer Anak Semua Bangsa (PATABA) Blora.
Kunjungan Nusantara Centre dan beberapa aktivis, pecinta satra di Perpustakaan PATABA Blora, Sabtu (28/3/2015).

“Kecerdasan Pramoedya Ananta Toer bagi saya sudah setara dengan Stephen William Hawking. Meskipun Pram dikenal sebagai sastrawan, akan tetapi ia juga sosok revolusioner yang karyanya mengguncang dunia,” tutur Yudhie yang pernah mengajar di Universitas Paramadina tersebut.

Menurut mantan Penasihat Mendagri tersebut, Pram secara genealogis sangat berbeda dengan Stephen William Hawking. “Pram itu kan ayahnya hanya guru dan ibunya seorang penjual nasi. Sedangkan Stephen William Hawking secara genealogi dari orang tua yang hebat. Sebab, Stephen Hawking lahir dari pasangan Dr. Frank Hawking, seorang biolog dan Isobel Hawking,” jelas alumnus Doktor dari Duke University tersebut.

Aku itu heran, kata dia, yang menarik dari Pram itu adalah ia itu orang desa, kampung, tapi pemikirannya mendunia. “Hebat, luar biasa, aku kagum pada Pram,” papar penulis buku Memaafkan Islam tersebut.

Menurut Yudhie, memang benar bahwa keturunan tidak menjamin kecerdasan seorang. “Banyak ilmuwan, ulama besar, tokoh dunia yang lahir dari bapak dan ibu yang besar pula. Namun Pram tidak, bagiku Pram itu unik dan ia hebat bukan dari keluarga, tapi dari dirinya sendiri,” tukas penggagas Komisi Ideologi Nasional tersebut.

Pram dan Stephen memang beda jauh, katanya, Pram itu sastrawan sedangkan Stephen ahli fisika teoretis. Secara pendidikan, menurut Yudhie, Pram secara historis hanya lulusan SD.

“Sehingga banyak penyair menghina Pram karena ia hanya lulusan SD yang hebat bisa menerjemahkan karya sastra ke dalam berbagai bahasa asing. Sedangkan Stephen Willian Hawking adalah profesor Lucasian dalam bidang matematika di Universitas Cambridge dan anggota dari Gonville and Caius College, Cambridge yang jelas latar belakang dan riwayat pendidikannya,” tandas pria kelahiran Banyumas itu.

Dalam kunjungan di Perpustakaan PATABA Blora tersebut, Yudhie juga ditemani banyak aktivis dan berdiskusi lama dengan Susilo Toer adik dari Pramoedya Ananta Toer.

“Coba saja cari di Google, di internet, karya dan penghargaan yang diterima Pram itu sudah kelas dunia, kelas internasional, jadi bagiku Pram itu luar biasa dan sejajar dengan Stephen William Hawking,” bebernya.

Pramoedya yang memiliki nama asli Pramoedya Ananta Mastoer memang luar biasa bagi penulis buku tersebut. “Jika Stephen William Hawking menyumbang ilmu bidang fisika kuantum, teori kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan radiasi Hawking, maka Pram adalah sastrawan yang mewariskan spirit besar dan mewariskan ilmu perlawanan dan revolusi," ujar penulis buku Harta Karun Republik Indonesia tersebut.

Bedanya, lanjut dia, Pram lahir di kampung, lahir dari orang biasa namun luar biasa, sedangkan Hawking dilahirkan oleh orang besar, tapi bagiku setara bahkan hebat Pram. (Red-HB42/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Kecerdasan Pramoedya Ananta Toer Dinilai Sekelas Stephen William Hawking Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora