Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Thursday, 2 April 2015

Masjid Agung Baitunnur Blora, Aset Religi Kabupaten Blora



Masjid Agung Baitunnur Blora adalah aset religi Kabupaten Blora yang menjadi ikon religus sekaligus representasi bahwa Blora adalah kota yang berpancasila. Masjid Agung Baitunnur Blora yang berada di kawasan Alun-alun Blora menjadi salah satu wisata religi Blora dengan nuansa yang menyejukkan.
Suasana Masjid Agung Baitunnur Blora di sore hari. Foto: Harianblora.com.

Masjid Agung Baitunnur Blora ini lokasinya di dekat Gedung Sasana Bakti Blora dan juga dekat Hotel Al Madina Blora yang berada di jantung Kota Blora. Banyak warga, para wisatawan, pemudik tiap tahun mampir salat di masjid tersebut.

Sejarah Blora memang tak lepas dari berdirinya Masjid Agung Baitunnur Blora sebagai salah satu aset dan khazanah budaya Islam dan aset religi Blora. Masjid ini merupakan salah satu wujud religiusitas Blora yang berwujud apik di pusat Kota Blora.

Masjid Tertua di Blora
Dalam sejarahnya, Masjid Agung Baitunnur Blora adalah salah satu “masjid tertua di Blora”. Masjid Agung Baitunnur Blora ini, berdiri sekitar tahun 1613-1645 saat zaman Mataram yang pada saat itu dipimpin oleh Sultan Agung.

Sebelum dikenal sebagai Masjid Agung Baitunnur yang artinya masjid besar rumah cahaya ini dulu namanya adalah Masjid Doro Ndekem atau merpati yang duduk. Sebab, saat berdirinya Masjid Agung Baitunnur Blora ini konon letak tanahnya lebih rendah daripada Alun-alun Blora.

Sehingga tampak seperti burung merpati yang sedang duduk yang akhirnya masyarakat memberi nama Masjid Doro Ndekem sebelum dinamakan sebagai Masjid Agung Baitunnur Blora.

Berdirinya Masjid Agung Baitunnur Blora tak lepas dari kisah dan perjuangan Pangeran Pojok atau Sunan Pojok Blora sebagai salah satu tokoh spiritual Blora. Sebagai daerah yang kebanyakan penduduknya beragama Islam, maka saat itu Sunan Pojok yang saat itu merupakan salah satu panglima perang, memutuskan membangun masjid di seputar Alun-alun Blora.

Banyak kegiatan yang dilakukan di Masjid Agung Baitunnur Blora yang merupakan wujud masyarakat memakmurkan masjid. Sampai saat ini ketika even-even besar sering dilaksanakan agenda di Masjid Agung Baitunnur Blora sebagai salah satu masjid besar dan tertua di Kabupaten Blora.

(Laporan Khusus Harianblora.com). 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

3 comments:

  1. Bukan Masjid Doro Ndekem tapi masjid Elang Ndekem, wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. Sejarah yg ditulis dengan keliru dan mengarang bebas tanpa Sumber terpercaya dan validasi data.

    Mohon kiranya dapat dilakukan koreksi. Terimakasih


    ReplyDelete
  3. Sejarah yg ditulis dengan keliru dan mengarang bebas tanpa Sumber terpercaya dan validasi data.

    Mohon kiranya dapat dilakukan koreksi. Terimakasih


    ReplyDelete

Item Reviewed: Masjid Agung Baitunnur Blora, Aset Religi Kabupaten Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora