Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 12 April 2015

Pilkada Blora 2015, Baliho Kandidat Bupati Blora Hanya 25 Persen Pengaruhi Masyarakat



Blora, Harianblora.com - Genderang politik menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blora, Jawa Tengah kian memanas. Sampai detik ini, selain di jejaring sosial, sudah banyak muncul baliho para kandidat Bupati Blora di beberapa daerah.
 
Salah satu baliho kandidat Bupati Blora.
Akan tetapi, Pilkada Blora 2015, baliho kandidat Bupati Blora hanya 25 persen pengaruhi masyarakat. Hal itu diungkapkan M Nafiul Haris Korwil Peneliti Poltracking Institute area Jateng-DIY, Minggu (12/4/2015). Adanya baliho politik, menurut Haris hanya membuat masyarakat tahu saja. 

"Pengaruhnya 25 persen. Sekadar tahu dan mengenal. Untuk menentukan pilihan belum bisa dipastikan," ujar dia kepada wartawan Harianblora.com. (Baca juga: Kandidat Bupati Blora Harus Buat Kampanye Dialogis).

Alumnus Fisipol Unwahas ini juga mengakui, adanya baliho-baliho politik menjadi wujud nafsu politik tinggi di daerah. Ia menganggap, baliho politik kurang tepat dalam wahana kampanye, karena hanya berdampak pada pengetahuan masyarakat, sedangkan ketertarikan untuk memilih belum tentu masyarakat memilih gambar-gambar di baliho yang dipasang.

M Umar Latif, Pengurus Divisi Sosial Politik Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Jawa Tengah juga menilai bahwa munculnya baliho-baliho politik di Blora merupakan wujud kampanye instan. "Memasang baliho itu hanya kampanye instan dan kadang dilakukan mencuri start dari KPU," beber dia kepada wartawan Harianblora.com.

Rencana Pilkada Blora yang dihela tahun 2015 ini, membuat para kandidat Bupati Blora harus kejar target meraup masa. Sebab, banyak sekali kepentingan politik yang mengharuskan mereka berkampanye melalui spanduk, baliho, pamflet, leaflet dan sebagainya.

Tahun ini, banyak sekali daerah yang menggelar Pilkada, seperti Blora yang kini sudah ramai dengan baliho politik. “Saya kira baliho politik berpengaruh, namun tidak semua masyarakat menentukan pilihannya dari baliho tersebut. Pasalnya, tiap kali ada pemilu, seperti Pilpre, Pileg, Pilkada maupun Pilkades, sudah ramai baliho dan dipastikan ada. Jadi masyarakat harus cerdas memilih dan jangan sampai terprovokasi,” jelas Umar. (Red-HB23/Foto: Harianblora.com).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pilkada Blora 2015, Baliho Kandidat Bupati Blora Hanya 25 Persen Pengaruhi Masyarakat Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora