Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 10 November 2015

Samin Surosentiko Diwacanakan Jadi Pahlawan Nasional

Gapura menuju kampung Samin Surosentiko di Karangpace, Kabupaten Blora.
Blora, Harian Blora – Hari Pahlawan Nasional 2015 yang jatuh hari ini, Selasa 10 November 2015 menjadi momentum bagi warga Blora untuk mengenang dan mengenal lebih dekat sosok Samin Surosentiko, penggagas ajaran Saminisme asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Menilai hal itu, Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Blora (Kamaba) Yogyakarta, Bahtiar Rizal Ainunnidhom, Selasa (10/11/2015) sepakat jika Samin Surosentiko diangkat menjadi pahlawan nasional. Sebab, perjuangannya sudah mencukupi syarat bahwa Samin benar-benar pahlawan.

Setuju, kata dia, bukan karena saya kelahiran Blora dan kemudian mengamini rencana itu.

“Tapi lebih kepada pengaruh Samin sebagai penggerak pada saat itu melawan penjajah,” ungkap Bahtiar kepada Harian Blora, Selasa (10/11/2015).

Akan tetapi, menurut Bahtiar , ada beberapa hal yang perlu dikaji mendalam.
“Salah satunya kiprah dan pengaruh Samin di level regional dan nasional,” papar dia.

Yang dikhawatirkan, menurut Bahtiar adalah akan menuai reaksi dari berbagai kalangan. Mungkin ajarannya relevan bagi konteks pulau Jawa, melihat penyebarannya di Jateng dan Jatim.

“Setelah itu, dibuang Belanda ke Sawahlunto apakah Samin juga melakukan pergerakan atau tidak sepertinya juga blm ada penelitian,” beber dia.

Itu yang saya khawatirkan, kata dia, nanti dikira kita membuat klaim-klaim besar yang sifatnya asersif atas sejarah Indonesia. Samin Soerosentiko bagian dari perjuangan level nasional, ia adalah sang penggerak atas usaha penyadaran bangsa agar bangkit dari keterpurukan.

“Penting untuk mengkaji secara mendalam, mengingat banyak data-data tentang Samin dibawa ke Belanda,”  tegas dia.

Di sisi lain, DPD II Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Cabang Blora juga setuju apabila Samin Surosentiko menjadi pahlawan nasional.

“Kami menilai Samin Surosentiko pantas jadi pahlawan nasional,” ungkap Ahmad Fauzin, Ketua DPD II Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Cabang Blora, Selasa (10/11/2015).

Dikatakannya, Samin Surosentiko yang lahir pada 1859 dengan nama Raden Kohar, di Kediren, Randublatung, Blora, Jawa Tengah perlu diangkat kembali.

“Ke depan, perlu ada penelitian mendalam, diskusi para ahli, sinergi antara filologi, sejarawan, akademisi, dinas terkait, bahkan perlu digelar FGD yang khusus meneliti sejarah perjuangan Samin agar bisa dan memenuhi syarat menjadi pahlawan nasional,” tegas dia. (Red-HB43/Foto: IBK/Harian Blora).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Samin Surosentiko Diwacanakan Jadi Pahlawan Nasional Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora