Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Thursday 7 September 2017

Uniknya Perlombaan ala Suku Samin Surosentiko

Blora, Harianblora.com - Mendengar kata Samin Surosentiko, tentunya tak luput dari adat istiadatnya. Berciri khas pakaian hitam dengan blangkon/ikat yang dipakaikan di kepala.

Selain itu orang Samin juga memiliki pegangan yang kuat terhadap prinsip hidupnya yaitu "kita jangan berburuk sangka, suka konflik, bertengkar, iri hati, dengki, jahil dan lainnya".

Baru baru ini, di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Blora diselenggarakan berbagai perlombaan seperti bola volley, sepak bola, balap karung, gigit koin, dan lainnya berciri khas ala Samin.

Acara ini sempat mendapatkan sorotan perhatian dari Camat dan Bapak Bupati Blora serta masyarakat luar, karena saking heboh dan uniknya.

Darji Ketua Panitia menuturkan bahwa acara ini di selenggarakan untuk melestarikan adat samin. Harapanya masyarakan bisa memegang erat prinsip bermasyarakat.   "Tetep guyub rukun seduluran," pungkasnya.

Tak pandang usia. Karena saking antusiasnya acara perlombaaan tersebut tidak dari kalangan dini tapi dari kalangan remaja sampai tuapun ikut meramaikan acara tersebut. (Red-HB99/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 comments:

  1. adat istiadat jangan sampai terlupakan, saya bangga menjadi warga blora

    ReplyDelete

Item Reviewed: Uniknya Perlombaan ala Suku Samin Surosentiko Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora