Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional. Semoga Kita Semua Mendapat Berkah dari para Kiai, Santri dan Ulama Nusantara.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Sunday, 1 October 2017

Pemuda Asal Blora Terbitkan Buku "Sisi Lain Barongan Blora"


Blora, Harianblora.com - Barongan Blora merupakan kesenian asli Kabupaten Blora yang kian hari kian mengalami perkembangan. Baik dari segi fisik, maupun penampilan. Jumlah grup Barongan Blora juga mengalami peningkatan yang pesat. Pengrajin dan seniman Barongan Blora mulai berlomba untuk berinovasi menciptakan hal-hal baru untuk meningkatkan nilai jual Barongan Blora. Pemerintah maupun pihak swasta juga makin gencar mengadakan acara festival yang secara tidak langsung menjadi ajang promosi serta media berinovasi bagi para seniman Barongan Blora.
Barongan Blora menyimpan rasa gotong royong, kebersamaan, kesehatan, kehidupan para pengrajinnya, bagaimana pengelolaan manajemen dalam grup Barongan Blora, serta cinta yang tumbuh antar para pelaku kesenian asli Blora ini.
Buku ini juga memberi oase tentang cara membuat Barongan Blora dengan metode baru. Selama ini, perkembangan zaman yang pesat mendorong para pengrajin barong harus menyesuaikan zaman. Jadi, banyak hal yang diungkap dalam buku ini dan bisa membuka cakrawala pengetahuan tentang Barongan Blora.
Buku ini merupakan buku yang pertama kali mengungkap sisi lain tentang Barongan Blora, baik dari aspek seni, estetika, etika, bahkan sampai tantangan Barongan Blora di tengah era milenial seperti ini.


Biodata Buku
Judul: Sisi Lain Barongan Blora
Penulis: Indra Bagus Kurniawan
Editor: Hamidulloh Ibda dan Dian Marta Wijayanti
Penerbit: CV. Pilar Nusantara
ISBN: 978-602-50465-0-6
Cetakan: I, 2017
Tebal: 21 x 14 cm,  x  + 89  Halaman
Pre Order: Rp 30.000 (belum termasuk ongkir)
Kontak: 089679061106/08562674799/D27B6D3A
Tentang Penulis
Indra Bagus Kurniawan, lahir di Desa Tambahrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah pada 10 Mei 1998. Anak kedua dari pasangan Sumardjan dan Suwitaningrum tersebut memulai pendidikan formalnya dari SDN 1 Tambahrejo (2004), SMP Negeri 1 Blora (2010), dan SMA Negeri 1 Blora (2013). Pada tahun 2016, ia memantapan diri untuk berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro.


Sejalan dengan pendidikan formalnya, ia juga menempuh pendidikan non formal. Ia juga belajar mengaji di Madrasah Diniyah Miftahul Huda (2004-2010), dan merupakan lulusan Small England Blora (2011).

Berbagai prestasi pernah diraih oleh pria yang akrab dipanggil Indra ini. Diantaranya Juara 2 Lomba Penulisan Karya Tulis Ilmiah BKKBN tingkat Jawa Tengah pada tahun 2014, Juara 3 Lomba Penulisan Karya Tulis Ilmiah tingkat Jawa Tengah Stain Kudus tahun 2014, dan Juara 3 Lomba Penulisan Karya Tulis Ilmiah tingkat Pulau Jawa tahun 2015. Selain sering mengikuti kegiatan perlombaan, Indra juga berkali-kali menjadi delegasi Kabupaten Blora, diantaranya delegasi Napak Tilas RA Kartini tahun 2014 di Kudus dan Jepara, serta delegasi dalam Jambore Nasionalisme tahun 2014 di Magelang.

Indra sejak kecil mulai diajarkan oleh orang tuanya untuk menjadi orang yang gemar menulis. Ayahnya yang merupakan Kepala Sekolah Dasar mulai mengenalkan cara menulis di komputer seja Indra berada pada kelas 2 SD. Tidak heran jika pada kelas 3 SD, Indra telah memenangi juara TIK sebagai peserta termuda. Bakat menulisnya juga msemakin terasah ketika dia berada di bangku SMA. Indra ditunjuk untuk mewakili SMA Negeri 1 Blora pada berbagai perlombaan karya tulis ilmiah, penulisan esai, serta penulisan artikel mulai dari tingkat Jawa Tengah hingga tingkat Nasional. Selain itu dengan bimbingan dari kakaknya, Indra aktif menulis artikel di media massa cetak maupun elektronik.

Selain aktif dalam menulis, pemuda yang hobi dalam bidang  ini juga memiliki bakat dalam bidang seni. Meskipun bukan anak dari pasangan seniman, serta tidak memiliki garis keturunan seorang seniman, Indra sangat menggemari kesenian Jawa khususnya Barongan Blora dan Gamelan. Terbukti, puluhan perlengkapan Barongan Blora serta Gamelan lengkap terpampang di rumahnya sebagai barang koleksi, yang dia beli dari hasil usahanya sendiri. Bukan hanya sekedar kolektor, Indra juga aktif sebagai seniman Barongan Blora, serta pembimbing pada sanggar Krida Mustika. Di samping itu, Indra juga merupakan anggota dari Seni Barong Risang Guntur Seto.

Pemuda yang menggemari olah raga sepak bola ini  juga aktif dalam berbagai kegiatan Organisasi. Berbagai Organisasi tercatat pernah digelutinya. Diantaranya Penggalang Garuda SMP N 1 Blora, Ketua 2 MPK SMA Negeri 1 Blora, Wakil Ketua BKA SMA Negeri 1 Blora, Chanel Kampus Universitas Diponegoro, Eksekutif Muda Badan Eksekutif Mahasiswa Fisip Undip, Fungsinonaris Bidang Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa FIsip Undip, dan saat ini menjabat sebagai Ketua Fisip Mengabdi Universitas Diponegoro.

Indra berharap diterbitkannya buku ini dapat membagikan pengetahuan serta pengalaman mengenai sisi lain kesenian Barongan Blora, khususnya bagi remaja, agar lebih mencintai kebudayaannya sendiri, tidak malu untuk menggeluti kesenian daerah yang dimiliki, serta bangga akan kesenian daerah yang dimiliki. (Red-HB33/hb)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pemuda Asal Blora Terbitkan Buku "Sisi Lain Barongan Blora" Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora