Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday 6 February 2019

Apa Bedanya Bangku SMA dan Kursi Perkuliahan?

Ilustrasi
Oleh Rosyida Askana

Dunia perkuliahan dan SMA memanglah sangat berbeda . Jika kita telah mengingat bangku perkuliahan kita akan merasakan perbedaan 180 derajat dengan bangku SMA atau masa sekolah sebelumnya. Dari berbagai sudut pandang banyak perbedaan antara belajar diSMA dan diperkuliahan.

Untuk perbedaan yang pertama adalah jadwal pelajaran disekolah telah ditentukan oleh pihak kurikulum sekolah sehingga siswa hanya menjalankan saja sedangkan dibeberapa kampus mahasiswa dapat memilih mata kuliah yang diinginkan dan disesuaikan dengan kewajiban/kebutuhan para mahasiswanya.

Untuk perbedaan yang kedua jika dimasa sekolah siswanya lebih pasif karena mereka hanya terpusat pada penjelasan guru yang didampingi oleh buku panduan yang sama untuk satu pelajaran, jika diperkuliahan dituntu lebih aktif,aktif dikelas maupun berorganisasi sehingga kita dapat belajar mandiri.

Mahasiswa juga harus berinisiatif dan kreatif dalam belajar karena dosen hanya member kerangka , materi dan kita harus mencari materinya entah bagaimana caranya kita memperoleh materi tersebut. Kita bisa mencari diinternet, buku-buku yang tersedia diperpustakaan kota maupun kampus itu sendiri.Saya dapat menyimpulkan jika kuliah adalah tempat yang tepat untuk mengasah kemandirian sehingga timbul sifat kedewasaan sehingga didunia perkuliahan lebih bebas daripada sekolah.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Apa Bedanya Bangku SMA dan Kursi Perkuliahan? Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora