Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Thursday 2 May 2024

Mewujudkan Sustainable Agriculture Bersama Petani Masa Kini Dengan Sensus Pertanian


Oleh Layyinatul Hanah

Sensus Pertanian 2023 atau yang sering disebut ST2023 adalah sensus periodik yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) setiap 10 tahun sekali. Sensus yang akan dilakukan 1 Juni - 31 Juli 2023 ini mencakup subsektor pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan. Sensus ini dilakukan secara menyeluruh baik itu pada Usaha Pertanian Perorangan (UTP), Usaha Pertanian Berbadan Hukum (UPB), dan Usaha Pertanian Lainnya (UTL). Tentunya data yang akan dihasilkan dari ST2023 ini adalah data yang benar - benar menggambarkan kondisi pertanian Indonesia dan status ketahanan pangan nasional kita pada saat ini.

MENJADI PETANI MASA KINI BERSAMA ST2023
Salah satu tujuan ST2023 adalah terciptanya data administrasi pertanian sampai ke unit terkecil. Bukan hanya untuk stakeholder dan pemerintah saja, tentu data ini sangat berguna bagi pelaku usaha tani Indonesia dalam menyusun rencana pertanian mereka. Mulai dari pemilihan metode tanam, penyusunan strategi yang tepat, sampai melihat sub sektor mana yang berpeluang untuk hasil yang menjanjikan. Tidak memungkiri bahwa petani yang akan berhasil di masa sekarang adalah petani yang pandai membaca peluang yang ada, memanfaatkan lahan dengan efektif, dan berkolaborasi dengan teknologi yang tersedia. Petani tidak harus memiliki lahan yang luas untuk hasil yang banyak. Namun, hasil yang banyak itu dapat diperoleh dari lahan terbatas jika penggunaan metodenya tepat.

ST2023 UNTUK PERTANIAN BERKELANJUTAN INDONESIA
Pertanian Berkelanjutan (Sustainable Agriculture) adalah pengelolaan usaha pertanian untuk mencukupi kebutuhan manusia dari waktu ke waktu sekaligus mempertahankan dan meningkatkan kualitas lingkungan agar tetap lestari. Penggunaan energi yang lebih sedikit, meminimalkan jejak ekologi, pembelian lokal yang meluas dengan rantai pasokan pangan yang singkat, dan lain sebagainya. Tiga konsep yang menjadi tumpuan pertanian berkelanjutan yaitu ekonomi, sosial, dan ekologi. Tentu sangat bermanfaat data dari sensus pertanian 2023 ini untuk mendukung tercapainya sustainable agriculture, karena semua aspeknya akan disajikan dalam data yang nyata. Tentu bukanlah hal yang sulit untuk mewujudkan petani-petani milenial yang akan sukses dibidangnya dan berdedikasi pada lingkungan dalam mewujudkan ketahanan pangan Indonesia.

Next
This is the most recent post.
Older Post
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mewujudkan Sustainable Agriculture Bersama Petani Masa Kini Dengan Sensus Pertanian Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora