Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Monday 24 February 2020

FKUB 2019-2024 Blora Resmi Dikukuhkan

Blora, Harianblora.com - Pemerintah Kabupaten Blora, melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik pada hari Selasa (18/2/2020), menggelar Pengukuhan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Blora masa bakti 2019-2024.

Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, acara pengukuhan pengurus FKUB dipimpin langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, disaksikan Danrem 073/Makutarama, jajaran Forkopimda, Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah, dan Kepala Kantor Kemenag Blora.

Turut hadir dalam acara tersebut para Kepala OPD, Camat se Kabupaten Blora, dan Kalur/Kades se Kecamatan Blora Kota.

“Jumlah keseluruhan ada 125 undangan yang hadir. Adapun pengurus FKUB Blora 2019-2024 yang dikukuhkan berdasarkan SK Bupati nomor 223/1799/2019 tanggal 11 November 2019 diketuai oleh H. Ishad Shofawi,” ucap Kepala Kantor Kesbangpol Blora, Wahyu Jadmiko, S.STP.

Sementara itu untuk posisi wakil ketua dijabat oleh Pendeta Yulius Sukarno, S.Th, MBA dan H. Mohammad Fatah, S.Ag, M.Ed. Kemudian sekretaris dijabat Fathul Himam, S.Ag, M.Pd.I, wakil sekretaris Pendeta Yosua Sudarso, S.Th. Bendahara dijabat Amalia Winarni, SE.

Sedangkan anggotanya Yohanes Maria Hendro Cahyono, I Nyoman Arta, Ngatno, S.Pd.B, Liantini, H. Sukisno, S.Ag, M.Pd.I, H. Immawan Eko Fakhrudin, S.Ag, MM, Agus Rianto, S.Th, Drs. H. Masfuin, M.Pd.I, Drs. H. Djoko Santoso, M.Pd, H. Sumaidi, S.Ag, M.Pd.I, dan Drs. Nuril Asrori, M.Hum. Semuanya dari berbagai tokoh agama yang ada di Kabupaten Blora.

Usai memimpin pengukuhan, Bupati menyampaikan arahannya terkait pentingnya menjaga kerukunan umat beragama kepada seluruh pengurus FKUB dan para tamu undangan.

“Kerukunan Umat Beragama sangatlah penting untuk terus dijaga. Negara ini sangatlah besar dan luas, mulai dari Sabang hingga Merauke, kemudian Miangas sampai Rote. Semuanya terdiri dari berbagai agama, suku, bahasa dan kepercayaan. Oleh sebab itu adanya FKUB ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam menjaga kondusifitas NKRI,” ucap Bupati.

Menurut Bupati, tugas FKUB tidak membahas ajaran agama, namun lebih kepada cara penerapannya di tengah masyarakat agar semuanya bisa berjalan bersama-sama tanpa adanya gesekan.

“Pendidikan Agama memang penting, namun jangan kemudian memisahkan anak-anak kita dari lingkungannya. Biarkan mereka berinteraksi dengan keberagaman yang ada agar tidak terkotak-kotak. FKUB tidak hanya untuk saat ini saja, namun juga untuk masa depan. Jika FKUB kerjanya bagus, insyaAllah semuanya aman, damai, sejahtera. TNI dan Polri tugasnya semakin ringan,” lanjut Bupati.

Selanjutnya, tepatnya bulan September nanti Blora akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020. Bupati meminta agar FKUB bisa mengambil peran untuk terus melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat agar tidak muncul isu SARA menjelang dan selama kampanye berlangsung.

Dalam acara tersebut juga dilakukan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Pemerintah Kabupaten Blora dengan Danrem 073/Makutarama, Polres Blora, dan Sub Detasemen PM IV/3-1 Blora, tentang Pelaksanaan Dana Hibah Pengamanan Pemilihan Bupati Kabupaten Blora Tahun 2020.

Terpisah, Ketua FKUB Blora yang baru saja dikukuhkan, H. Ishad Shofawi menyampaikan bahwa dirinya bersama seluruh anggota siap mengemban tugas sesuai arahan yang disampaikan Bupati.

“Kami dikukuhkan bukan atas pencalonan atau pengajuan dari diri masing-masing. Namun ditunjuk dan dipercaya oleh Bapak Bupati bersama tim nya dari Kemenag, Kesbangpol dll. Sehingga ini merupakan kehormatan yang harus kami jalankan sebaik mungkin. Mohon dukungannya dari seluruh stakeholder terkait,” ujar H Ishad Shofawi.

Acara ditutup dengan penyelenggaraan Sarasehan Kerukunan Umat Beragama dengan narasumber Kepala Kantor Kemenag Blora dan Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah. (HB33/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: FKUB 2019-2024 Blora Resmi Dikukuhkan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora