Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Monday, 8 June 2020

Kasus Positif Corona di Blora Tambah 5, Sembuh Tambah 1 Orang

Harianblora.com - Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes, selaku juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) Covid-19, kembali menyampaikan update perkembangan virus Corona di Blora, edisi 1 Juni 2020.

Dengan didampingi Kepala Satpol PP Blora, Drs. Djoko Sulistiyono; Lilik Hernanto, SKM, M.Kes menyampaikan bahwa hari ini ada penambahan kasus positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab lab PCR.

“Hari ini ada penambahan 5 kasus positif. Dari lima kasus baru ini, empat diantaranya adalah dari Kecamatan Kradenan yang merupakan kluster Temboro. Sedangkan satu kasus lainnya adalah seorang perempuan usia sekitar 50 tahun dari Kecamatan Bogorejo, yang sebelumnya punya riwayat sakit dari Surabaya,” ucap Lilik Hernanto, SKM, M.Kes.

Dengan adanya penambahan ini maka menurut Lilik Hernanto untuk jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blora menjadi 29 kasus. Dengan rincian 23 dirawat, 3 meninggal, dan 3 sembuh.

“Yang sembuh baru saja nambah satu yang dari Puskesmas Rowobungkul Ngawen, yakni salah satu pasien kluster Temboro. Datanya belum sampai masuk di website karena baru 11.30 WIB tadi kabar kesembuhannya kami terima. Sehingga yang sembuh ada 3 pasien,” lanjut Lilik Hernanto.

Dengan begitu, menurutnya kluster Temboro sudah ketahuan hasilnya semua dari jumlah keseluruhan ada 131 santri yang pulang ke Blora.

“Seluruh santri dari Temboro yang pulang ke Blora ada 131, setelah dirapid test ada 28 yang reaktif, dan dari 28 reaktif itu telah diswab semua, hasilnya 19 orang positif Covid-19, dan 9 negatif. Kesembilan belas pasien positif Covid-19 kluster Temboro ini sedang diisolasi, dan hari ini sembuh satu yang dari Puskesmas Rowobungkul,” tambah Lilik.

Kemudian dengan adanya tambahan satu pasien positif baru di Kecamatan Bogorejo, maka status zona merah di Kabupaten Blora menjadi 9 Kecamatan.

“Paling banyak Kecamatan Jati ada 8 kasus, Kradenan 6 kasus, Blora 5 kasus, Kunduran 3 kasus, Ngawen 2 kasus, Cepu 2 kasus, kemudian Jepon, Todanan dan Bogorejo masing-masing satu kasus,” ujar Lilik Hernanto.

Sedangkan untuk reaktif rapid-test hingga hari Senin (1/6/2020) ada 125 orang tersebar di 15 Kecamatan se Kabupaten Blora, kecuali Japah.

“Yang paling banyak rapid-test reaktifnya Blora Kota ada 33 orang, Cepu ada 23 orang, Tunjungan 11 orang, Sambong 8 orang, Banjarejo dan Randublatung 7 orang. Selengkapnya bisa lihat website corona.blorakab.go.id,” terang Lilik Hernanto.

Selanjutnya untuk pasien PDP masih ada 7 yang diawasi, ODP masih ada 28 orang yang dipantau, OTG 141 orang, dan pemudik ada 36.282 jiwa.

“Kami harap masyarakat terus meningkatkan kewaspadaannya, dengan mematuhi protokol kesehatan. Jangan sampai ada diskriminasi, apalagi terhadap pasien reaktif rapid-test, mereka belum tentu Covid-19, jangan dikucilkan, justru harus disupport agar imunitasnya baik,” pungkasnya.

Terakhir, Kepala Satpol PP Blora, Drs. Djoko Sulistiyono, menambahkan bahwa pihaknya akan terus melaksanakan penertiban secara bersama sama dengan TNI Polri, agar masyarakat semakin disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan.

“Kami minta yang masih suka olahraga dan nongkrong di Kridosono, Alun-alun maupun tempat umum lainnya baik di Blora, Cepu maupun Kecamatan lainnya untuk tidak berkerumun, selalu jaga jarak dan wajib memakai masker,” ujar Drs. Djoko Sulistiyono.

Karena menurutnya kunci sukses pencegahan dan pemutusan mata rantai penyebaran virus Covid-19 ini adalah kedisiplinan masyarakat. (HB44/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

Item Reviewed: Kasus Positif Corona di Blora Tambah 5, Sembuh Tambah 1 Orang Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora