Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Tuesday 4 April 2017

Pilkada Jateng 2018, Ini Nama-nama yang Dinilai Paling Kuat


Ilustrasi

Semarang, Harianblora.com – Ada sejumlah kandidat muda yang diharapakan bisa maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng pada 2018 sudah di depan mata. Banyak kalangan menginginkan figur muda maju dalam pesta demokrasi di Jateng tersebut. Meski sosok Ganjar Pranowo, petahana yang masih menjabat Gubernur Jateng saat ini dinilai kuat menjadi calon gubernur mendatang, namun dorongan kuat bergeliat untuk kaum muda ikut berpartisipasi dalam Pilkada Jateng 2018 tersebut.

Diryo Suparto, SSos, MSi, pengamat politik Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, menilai bahwa banyak banyak partai seperti “ketakuran jika Ganjar maju lagi. “Seolah-olah ketakutan jika Ganjar maju Pilgub, bahkan seolah-olah Ganjar tiada lawan. Kalau memang demikian ekstrimnya, ayo kita nobatkan Ganjar jadi gubernur kembali saja biar lebih hemat,” ujar Diryo kepada Harianblora.com, Selasa (4/4/2017).


Pilkada Jateng yang tinggal menghitung bulan, lanjut dia, serasa kurang grengseng atau kurang gayeng. “Kita tidak ingin disuguhi permainan injury time yang kemudian muncul tokoh-tokoh itu saja dari periode ke periode. Partai sebagai instrumen politik dan demokrasi diharapkan memberi pencerahan dan alternatif pilihan yang layak dan mumpuni untuk memimpin jateng ke depan terutama kalangan generasi muda,” beber pria tersebut.

Ia berharap, bahwa pesta demokrasi terbuka lebar untuk semua kalangan, terutama pemuda yang dinilai lebih produktif dan enerhik. “Jateng butuh pemimpin yang energik dan inovatif dan pemuda selalu dipandang sebelah mata dengan alasan klasik belum berpengalaman terutama di pemerintahan. Padahal kalau side back ke belakang apakah Bung Karno dan Bung Hatta pernah pengalam jadi presiden dan Wapres?” tegas dia.


Di Jateng, lanjut dia, kita punya banyak tokoh yang perlu kita dorong untuk diwacanakan ke publik selain Ganjar, seperti Hendrar Prihadi Walikota Semarang, Mustofa Bupati Kudus, Kukrit dengan Suara Merdekanya. “Di pantura barat ada Yoyok mantan Bupati Batang dan Brebes punya srikandi politik Idza Priyanti sebagai salah satu dinasti politik Dewi Sri. Saya pikir semua komponen terutama kalangan pemuda untuk mendorong calon-calon alternatif jangan lagi kita dipaksa oleh partai yang kemudian masyarakat sulit memilih di antara pilihan itu,” tandas dosen tersebut.


Mari kita kawal, kata dia, agar Pilgub Jateng berkualitas dan pemilihnya juga cerdas. “Pengawalan ini setidaknya dimulai dari penyaringan balon oleh partai untuk menekan polituk transaksional,” pungkas dia.


Sementara itu, Ketua Umum Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) Jateng, Ulil Haq, menilai bahwa Pilgub Jateng yang setahun lagi berlangsung mestinya harus ada sesuatu yang baru dan sudah saat memunculkan tokoh baru. “Karena Jawa Tengah hari ini belum ada kemajuan yang signifikan kalaupun ada pembangunan itu sifatnya rutinitas penganggaran. Kreatifitas program tidak begitu tampak, komunikasi dengan elemen publik termasuk kepemudaan pun dalam posisi yang buruk. Pilgub yang berlangsung tahun depan sudah waktunya memunculkan figur baru yang bebas persoalan masa lalu, dijawa tengah banyak pemimpin muda yang bisa menjadi alternatif calon gubernur/wakil gubernur,” beber dia.


Selain tokoh-tokoh yang disebut di atas, Ulil yang juga mantan Sekretaris DPD KNPI Kota Semarang ini menilai ada sejumlah tokoh yang perlu didorong maju Pilgub Jateng. “Ya selain Hendrar Prihadi Walikota Semarang, Kukrit Suryo Wicaksono CEO Suara Merdeka, ada sosok yang pantas yaitu Yusuf Khudhori (Gus Yusuf) Ketua PKB Jateng, terus  Nusron Wahid Kepala BNP2TKI yang juga asli Kudus dan yang lainnya,” beber dia.

Mereka, kata Ulil, adalah figur-figur muda yang layak memimpin secara kompetensi, jam terbang mereka sudah teruji dan tidak diragukan karena masih muda tentu beban persoalan masa lalu relatif kecil dan punya komitmen dengan masalah kepemudaan di Jawa Tengah.

Seperti diketahui, sudah ada sejumlah tokoh yang diusulkan bahkan deklarasi siap maju di Pilgub Jateng 2018 mendatang. Seperti Abdul Wachid Ketua DPD Gerindra Jateng dan anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Marwan Jafar mantan Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi.

Selain nama-nama itu, rumor yang sudah beredar juga mendorong sejumlah tokoh. Mulai dari Ganjar Pranowo Gubernur Jateng sekarang, Hendrar Prihadi Walikota Semarang, Mustofa Bupati Kudus, Yoyok Riyo Sudibyo mantan Bupati Batang, Bambang Sadono anggota DPD RI, Ferry Wawan Cahyono Wakil Ketua DPRD Jateng, Ki Enthus Susmono Bupati Tegal, Yoyok Sukawi anggota DPRD Jateng dan lainnya. (Red-HB99).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pilkada Jateng 2018, Ini Nama-nama yang Dinilai Paling Kuat Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora