Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 25 November 2017. Semoga kita semua bisa menjadi guru bagi diri sendiri dan keluarga yang bisa digugu dan ditiru.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Saturday, 4 November 2017

Pameran Buku 2017, Blora Banjir Buku

Blora, Harianblora.com - Sebagai upaya mendorong peningkatan literasi dan minat baca khususnya bagi peserta didik dan masyarakat secara umum, Pemkab Blora melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DKP) menyelenggarakan Pameran Buku Blora 2017 mulai 1 hingga 7 November mendatang di GOR Mustika.

Pameran dibuka langsung oleh Bupati Djoko Nugroho, Rabu pagi (1/11/2017) dengan pemukulan gong, dilanjutkan pemotongan rangkaian bunga oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Blora Hj.Umi Kulsum, didampingi Ketua DPRD Ir. H.Bambang Susilo, Kepala DKP Jateng Muhammad Masrofi, S.Sos, M.Si dan Kepala DKP Blora drh. Gundala Wijasena ME.

Kepala DPK Kabupaten Blora, Gundala Wejasena dalam sambutannya mengemukakan bahwa kegiatan ini telah berlangsung sejak tahun 2012 hingga tahun ini. Selain pameran buku, diisi juga dengan acara pendukung berupa pentas seni, lomba baca puisi, lomba mengarang bebas, lomba geguritan, lomba bercerita dan lomba mewarnai tingkat Kelompok Belajar/Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.

“Tujuannya untuk meningkatkan minat baca bagi pelajar dan masyarakat. Selama tujuh hari tersebut, pameran akan buka mulai 09.00 WIB hingga 21.00 WIB, gratis masuk untuk umum,” kata Gundala Wejasena.

Dalam pembukaan pameran, Bupati menyampaikan pentingnya merubah image dan pola pikir masyarakat untuk menumbuhkan minat baca bagi pelajar dan warga masyarakat.

“Ada istilah, orang yang pintar adalah yang dekat dengan buku (wong sing pinter, sing cedhak buku, Jawa). Artinya mereka yang senang membaca buku mendukung jadi pintar,” ujar Bupati Djoko Nugroho.

Bupati juga mengimbau kepada para guru dan kepala sekolah untuk membeli buku yang dipamerkan. Setelah buku yang dibeli dibaca, jika sudah tidak digunakan lagi, bisa di sumbangkan kepada perpustakaan di desa atau para siswa di sekolah terdekat.

Sebanyak 40 stan disediakan bagi peserta pameran buku yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora. Peserta antara lain dari Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, penerbit dan distributor buku dari dalam dan luar Kabupaten Blora.

Hari pertama pembukaan, ribuan pelajar dari berbagai sekolah antusias mengikuti wisata buku yang dipandu oleh petugas.(Red-Hb33/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pameran Buku 2017, Blora Banjir Buku Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora