Lokal

Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2018.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Wednesday, 29 November 2017

Uniknya Gebyar Budaya Komunitas Adat Samin 2017 di Kampung Samin

Blora, Harianblora.com - Bupati Djoko Nugroho pada hari Selasa (21/11/2017) menghadiri pembukaan Gebyar Budaya Komunitas Adat Samin 2017 di Kampung Samin Dukuh Blimbing, Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong.

Disini, Bupati didaulat untuk meresmikan atau melaunching Model Literasi Budaya dan Teknologi Komunitas Adat yang ada di Kampung Samin, didampingi sesepuh Samin Mbah Pramugi Prawiro Wijoyo, Kepala Pusat Pengembangan Paud dan Dikmas Jawa Tengah Bpk. Ir. Djayeng Baskoro M.Pd, dan Ketua SKB Blora Nuril Huda SP, MM.

Bupati sangat bangga dan mengapresiasi kemajuan literasi budaya dan teknologi yang ada di Kampung Samin Blimbing. Menurutnya, sedulur sikep (Samin) di Desa Sambogrejo saat ini sudah banyak mengalami kemajuan namun tetap menjaga budaya lokal.

“Disini kebudayaan bisa bersinergi dengan kemajuan teknologi. Masyarakat Samin sudah bisa membatik, membuat sablon, dan mempunyai perpustakaan digital yang terkoneksi dengan internet. Namun nilai kearifan lokalnya tetap terjaga dengan baik. Ini harus terus dipertahankan,” ucap Bupati.

Selama acara berlangsung, dimeriahkan dengan lomba kotekan lesung, membatik massal yang diikuti oleh 100 anak-anak, lomba parikan jawa, sarasehan budaya dan lainnya.

Adapun Kepala Pusat Pengembangan Paud dan Dikmas Jawa Tengah Bpk. Ir. Djayeng Baskoro M.Pd menyatakan bahwa pihaknya sebagai perwakilan Pemerintah Jawa Tengah sangat mendukung pengembangan literasi budaya dan teknologi di komunitas adat Samin Dukuh Blimbing, Sambongrejo.

“Komunitas adat Sedulur Sikep (Samin) disini merupakan aset pelestarian budaya lokal, sehingga perlu dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi dengan tanpa meninggalkan budaya aslinya. Komunitas Samin ini mungkin satu satunya komunitas adat yang sudah mengenal jaringan internet di Indonesia. Harapannya fasilitas ini bisa menunjang kemajuan pendidikan dan iptek bagi kalangan adat Samin,” terangnya.

Pihaknya juga berharap kedepan Kampung Samin di Blora ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata budaya yang diandalkan di Jawa Tengah. (red-HB22/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Uniknya Gebyar Budaya Komunitas Adat Samin 2017 di Kampung Samin Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora