Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 6 April 2018

Lewat Feskop, Kopi Tetap Memukau di Kota Tembakau


Temanggung, Harianblora.com - Di Temanggung, potensi tembakau sangat melimpah. Akan tetapi, siapa kira, potensi kopi sebagai khazanah lokal khas Kota Tembakau ini juga tetap memukau. Buktinya, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cabang Temanggung beberapa kali sukses menggelar Festival Kopi (Feskop). Tak terkecuali, Feskop yang akan dihelat pada 2018 yang akan datang.

Hal itu dijelaskan Mukhtar Hadi Purwanto, SE, Ketua BPC Hipmi Temanggung dalam siaranya pers yang diterima harianblora.com, Jumat (6/4/2018).

Seperti diketahui, kata Java sebagai kata resmi pengganti  secangkir kopi menandakan bahwa kopi yang berasal dari tanah jawa telah menjelajahi dunia. Dataran  tinggi nan subur menjadi kombinasi yang sempurna yang sulit ditandingi Negara penghasil kopi lain. Aroma legendaris tembakau Temanggung yang termasyhur, mocca, nangka, dan buah segar lain sering menyertai kopi dengan  body yang tebal. Tak  ayal akhir akhir ini special taste Kopi Temanggung menjadi idola penikmat kopi dan berprestasi di Festival Nusantara dan Festival Kopi dunia.

Dimulai dari semangat petani kopi Temanggung belajar memahami arti penting sebuah kualitas kopi, para penggemar segala macam kopi membuat desain, tulisan, lagu lagu, serta entrepreneur masalah perkopian, hingga budaya Ngopi Bareng menjadi life style di Temanggung tercinta ini.

"Melirik dari keadaan yang ada ini, HIPMI Temanggung telah sadar bahwa Potensi Kopi Temanggung  merupakan salah satu prioritas pembangunan yang tidak boleh dikesampingkan karena mempunyai para effek yang luar biasa besar di Temanggung utamanya dalam hal memacu entrepreneurship dikalangan pemuda, meningkatkan kualitas dan daya saing Kopi Temanggung, serta pada muaranya adalah ikut berpartisipasi dalam peningkatan kesejahteraan petani Temanggung," beber dia.

Salah satu kegiatan sosial yang diselenggarakan adalah Festival Kopi Temanggung dan Tahun ini adalah Festival Kopi keempat yang akan diselenggarakan pada Tanggal 1 Oktober  2018 di Gedung Pemuda.

"Kegiatan selama tiga hari tersebut akan menampilkan produsen kopi  dengan berbagai model kemasan dan rasanya, Pengrajin kopi dengan alat alatnya, pengusaha kopi, buyer dari perhotelan dan resto,  pemerhati serta penikmat kopi untuk bersama sama menciptakan satu visi  dan mempertanggungjawabkan bahwa Temanggung adalah benar benar syurganya kopi," kata dia.

Berbagai kegiatan seperti pentas tari kopi, pelatihan  roasting, pelatihan penyeduhan kopi, sarasehan sesepuh kopi  Temanggung, sharing SOP perkopian, berikut lomba cita rasa kopinya akan disajikan dalam kegiatan tersebut sambil dihibur oleh live music yang disajikan oleh panitia. 

Selain kopi, kata Mukhtar, dalam kegiatan ini pula akan ditampilkan Tembakau dan produk kreatif asli Temanggung serta perwakilan UMKM Unggulan khas Temanggung sebagai manifestasi kepedulian hipmi dalam ikut mempromosikan ke-khas-an Temanggung kepada masyarakat luas.

"Untuk itu, Hipmi  mengajak semua fihak tidak berhenti berharap dan membuat langkah nyata semoga semua orang tahu kopi Temanggung, menjadikan kopi sebagai oleh oleh khas  istimewa dari Temanggung untuk semua keluarga, menjadi minuman yang istimewa mengisi gaya hidup mereka," ungkap dia. (Red-HB33/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lewat Feskop, Kopi Tetap Memukau di Kota Tembakau Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora