Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Monday 12 August 2019

Berkhasiat, Pemkab Blora dan Kemenperin Sosialisasikan Manfaat Kelor

Harianblora.com - Kementerian Perindustrian Republik Indonesia melalui Direktorat Industri Makanan, Hasil Laut dan Perikanan, bekerja sama dengan Pemkab Blora dan Ikatan Sarjana Wanita Indonesia (ISWI), pada hari Senin (29/7/2019) menyelenggarakan Sosialisasi Pemanfaatan Kelor.

Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, sosialisasi dibuka langsung oleh Ibu Direktur Industri Makanan, Hasil Laut dan Perikanan, Kemenperin, Ir. Enny Ratnaningtyas, MS bersama Bupati Djoko Nugroho.

Turut hadir, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Ibu Dra. Hj. Umi Kulsum, Kepala OPD terkait, para Camat dan Pengurus PKK Kecamatan se Kabupaten Blora, Puskesmas se Kabupaten Blora serta masyarakat rentan stunting.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengajak seluruh pengurus PKK baik dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan, serta para Kepala Puskesmas se Kabupaten Blora untuk aktif mengajak ibu-ibu tingkat Desa dalam memanfaatkan kasiat tanaman kelor.

“Bicara kelor, bukan berarti bicara klenik. Tapi bicara tentang kasiatnya untuk kesehatan. Tanaman kelor ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan termasuk mencegah stunting atau kekerdilan. Banyak orang dari luar negeri yang datang ke Blora untuk belajar mengolah kelor. Kita sendiri sebagai orang asli Blora juga harus lebih paham tentang kelor,” ucap Bupati.

“Ibu-ibu PKK harus bisa cerewet kepada ibu-ibu lainnya agar mau ikut mengonsumsi kelor. Makan kelor tidak harus berbentuk biji atau serbuk. Bisa disayur, dicampurkan dengan makanan lain agar anak-anak mau makan. Nanti akan dijelaskan bagaimana saja cara konsumsi kelor,” lanjut Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta testimoni dari beberapa orangtua yang berhasil menambah tinggi dan berat badan anaknya setelah rutin mengonsumsi kelor, serta memberikan bingkisan kepadanya.

Sementara itu, Direktur Industri Makanan, Hasil Laut dan Perikanan, Kemenperin, Ir. Enny Ratnaningtyas, MS mengapresiasi adanya sentra kelor di Kabupaten Blora. Pihaknya ingin seluruh warga Blora bisa ikut memanfaatkan kelor guna peningkatan gizi masyarakat.

“Kelor di Blora sangat bagus dan banyak diminati. Oleh karena itu kita ingin agar seluruh warga Blora bisa memanfaatkannya agar tidak lagi terjadi stunting. Dari data yang ada masih sekitar 30 persen balita di Blora menderita stunting,” ungkapnya.

Setelah mengonsumsi kelor, Bu Direktur menyarankan agar beragam produk kelor yang dibuat bisa dipatenkan agar Blora semakin dikenal berkat aneka produk olahan kelornya.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan sosialisasi. Adapun yang bertindak sebagai pembicara adalah Ir. Ai Dudi Krisnadi dari Puri Kelorina, kemudian Ir. Retno Sri Endah Lestari, M.Sc, PhD, Ir. Ferry Soraya M.SIE, Dra Euis Saedah M.Sc yang ketiganya dari ISWI Jakarta.

Ir. Ai Dudi Krisnadi mengatakan bahwa pohon kelor adalah pohon ajaib atau 'miracle tree'. Terutama di bagian daunnya. Sebagaimana kelompok sayuran maka daun kelor kaya vitamin, mineral, serat dan fitokimia. Dan kandungan vitamin dan mineralnya dibanding sayuran lain pada umumnya lebih tinggi kelor.

“Menurut sebuah penelitian, vitamin A di daun kelor empat kali lebih tinggi daripada wortel dan vitamin C tujuh kali lebih tinggi dari jeruk. Dengan kandungan yang bisa menangkal radikal bebas tersebut, stres oksidatif juga bisa dikurangi,” ujarnya.

Usai sosialisasi, dilanjutkan dengan kunjungan ke Pusat Pengembangan Tanaman Kelor “Puri Kelorina” di Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran. (HB44/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Berkhasiat, Pemkab Blora dan Kemenperin Sosialisasikan Manfaat Kelor Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora