Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019, Semoga Indonesia Semakin Jaya.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Monday, 12 August 2019

Jambore Daerah Jadi Ajang Promosi Wisata Blora

Blora, Harianblora.com - Kurang lebih satu bulan lagi Kabupaten Blora akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jambore Daerah (Jamda) Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah ke XV Tahun 2019. Ribuan anggota Pramuka dari 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah akan hadir ke Blora untuk mengikuti Jamda yang akan dilaksanakan pada tanggal 26-31 Agustus mendatang.

Guna menyiapkan kesuksesan hajatan besar tersebut, Pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Blora bersama Kwarda Jateng pada hari Selasa (23/7/2019) mengadakan Rapat Koordinasi dan Temu Teknik Jamda ke XV di Rumah Dinas Bupati Blora.

Rapat Koordinasi dan Temu Teknik Jamda ke XV tersebut diikuti oleh sejumlah pengurus Kwarda Jateng dan perwakilan Kwarcab dari 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, bersama Panitia Jambore Daerah dan para Pimpinan Kontingen Cabang (Pinkoncab) Blora, yang berjumlah total 130 personil.

Dalam kegiatan tersebut, Ka Kwarcab Blora, Kak H. Arief Rohman M.Si, yang diwakili oleh Ketua Harian Kwarcab Blora, Kak Slamet Pamudji, SH, M.Hum, mengatakan bahwa Kabupaten Blora siap menjadi tuan rumah Jamda XV Jawa Tengah.

“Kabupaten Blora siap lahir batin untuk menjadi tuan rumah Jamda Jateng ke XV. Terimakasih atas kepercayaan dari Kwarda atas persetujuan Blora sebagai tuan rumah kali ini. Kami akan siapkan beragam kegiatan yang menyenangkan dan mengesankan bagi seluruh adik-adik Pramuka,” ucap Slamet Pamudji, yang akrab disapa Kak Mumuk ini.

Menurutnya, ajang Jamda Jateng XV ini akan dimanfaatkan sebagai ajang promosi potensi daya tarik wisata di Kabupaten Blora. Sejumlah agenda wisata edukasi khas Kabupaten Blora yang tidak ada di Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Tengah sedang disiapkan.

“Salah satunya adalah wisata edukasi tentang pengolahan minyak bumi. Kita akan ajak adik-adik Pramuka se Jawa Tengah berwisata ke ladang minyak tradisional maupun yang modern. Ada juga wisata edukasi ke Pabrik Gula, wisata alam Goa Terawang, outbond di hutan jati, dan beragam pertunjukan seni budaya khas Kabupaten Blora,” terang Kak Mumuk.

Menurut Kak Mumuk, sesuai dengan tema Jamda XV, yakni Rajin, Berkarakter dan Kekinian, diharapkan ribuan adik-adik Pramuka se Jawa Tengah ini, bisa mendokumentasikan beragam pertunjukan seni budaya dan kunjungannya ke sejumlah daya tarik wisata. Kemudian diunggah ke akun media sosial masing-masing.
“Adik-adik Pramuka milenial saat ini tidak asing dengan yang namanya media sosial sesuai salah satu tema Jamda yakni kekinian. Maka keberadaan medsos inilah yang akan kita manfaatkan untuk mempromosikan Blora ke kalangan luas. Kita juga menggandeng Dinkominfo dan Telkom untuk memasang free wifi di lokasi Jamda,” lanjut Kak Mumuk.

Adapun lokasi Jamda selama sepekan itu akan dilaksanakan di arena Bumi Perkemahan Mustika Blora (eks lapangan golf) Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora Kota, sebelah selatan Sirkuit Super Mario. Selain Jamda, pada saat bersamaan Blora juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan Upacara Hari Pramuka ke 58 tingkat Jawa Tengah yang akan dihadiri langsung oleh Kamabida Jateng, yang tidak lain adalah Gubernur Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo, SH, MIP bersama Ka Kwarda Hj. Siti Atikoh Ganjar Pranowo dan para Kamabicab atau Bupati se Jawa Tengah.

“Rencananya Pak Gubernur akan hadir ke Blora dalam kegiatan Jamda dan Peringatan Hari Pramuka ke 58 tingkat Jawa Tengah. Beliau akan bermalam di tenda bersama seluruh peserta Jamda,” tambah Kak Mumuk.

Mengingat pada saat penyelenggaraan itu masuk musim kemarau, maka panitia akan memenuhi seluruh kebutuhan air bersih demi suksesnya acara. Ratusan MCK darurat akan dibangun di area bumi perkemahan bekerjasama dengan PDAM Blora.

Sementara itu, Ka Kwarda Jateng, Kak Siti Atikoh Ganjar Pranowo yang diwakili oleh Waka Bina Muda, Kak Hernowo Budi Luhur menekankan bahwa Jamda merupakan pestanya adik-adik Pramuka se Jawa Tengah sehingga jangan sampai ada yang berkesusahan dan bersedih selama pelaksanaan Jamda.

“Selama Jamda, semuanya harus senang dan bergembira. Tema yang kita angkat, Rajin, Berkarakter dan Kekinian harus benar-benar terwujud sehingga adik-adik kita bisa senang. Kuncinya jangan ada tekanan dari kakak-kakak Pembina. Jadikan Jamda sebagai ajang pertemuan Pramuka se Jawa Tengah yang mengesankan,” tegas Kak Hernowo.

Sejumlah petunjuk teknis pelaksanaan Jamda dibahas dalam forum rakor tersebut. Usai jeda makan siang, dilakukan peninjauan bersama lokasi bumi perkemahan Mustika Blora yang saat ini masih dalam tahap persiapan lokasi oleh panitia penyelenggara.  (hb44/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Jambore Daerah Jadi Ajang Promosi Wisata Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora