Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Thursday 14 May 2020

Update Covid-19 di Kabupaten Blora Terbaru

Harianblora.com - Perkembangan persebaran virus Corona di Kabupaten Blora untuk hari Selasa (5/5/2020), kembali diupdate oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, yang disampaikan oleh Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si.

Dengan didampingi Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr. R. Soeprapto Cepu dan Kepala Bidang Perhubungan Dinrumkimhub Blora, Sekda mengatakan bahwa hingga saat ini persebaran virus Corona masih terjadi di Kabupaten Blora.

“Hingga hari ini berdasarkan data yang masung dalam tim Gugus Tugas, jumlah OTG masih ada 144 orang, kemudian ODP ada 64 orang yang dipantau, PDP ada 11 orang yang diawasi. Adapun pasien positif rapid-test kini ada 17 orang, yang mana mulai kemarin Klinik Bakti Padma mulai digunakan untuk karantina pasien positif rapid-test. Sedangkan kasus positif Covid-19 jumlah ada 4, 2 sudah meninggal dan saat ini masih dua yang dirawat,” ucap Sekda.

Sementara itu, untuk jumlah pemudik menurut Sekda hingga Senin malam pukul 21.00 WIB (semalam) mencapai 29.250 jiwa.

“Dengan data tersebut mengindikasikan bahwa persebaran masih terjadi. Karena virus ini belum ada obatnya, maka langkah pencegahan yang paling ampuh ada kita semua harus patuhm, disiplin diri sendiri. Mulai dari disiplin jaga jarak, disiplin tidak berkerumun, disiplin pakai masker saat keluar rumah, dan cuci tangan pakai sabun guna memutus rantai persebaran virus,” tegas Sekda.

Sekda juga menyampaikan bahwa pemerintah melarang PNS untuk mudik, TNI Polri, baik keluarganya maupun masyarakat.

“Tunda mudiknya dulu, tunggu sampai kondisi pandemi corona ini membaik. Sayangi kesehatan keluarga baik yang ada di kota maupun yang ada di kampung halaman,” tambah Sekda.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh donatur yang telah memberikan bantuan penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Blora. Datanya, menurut Sekda bisa dilihat di website corona.blorakab.go.id.

Adapun Kabid Perhubungan Dinrumkimhub Blora, Drs. Bambang Soegiyatno, MM, menyampaikan bahwa hingga hari ini armada angkutan AKAP (antar Kota antar Provinsi) dan AKDP (antar Kota dalam Provinsi) sudah tidak ada yang beroperasi lagi.

“Sedangkan untuk transportasi umum di Kabupaten Blora sendiri masih diperbolehkan beroperasi seperti biasa. Kami minta pengusaha angkutan di Blora untuk melakukan sanitasi armadanya yakni dengan melakukan penyemprotan disinfektan wajib dua hari sekali, dan jangan sampai lalai cek kesehatan awak armadanya,” terang Bambang Soegiyatno.

Terakhir, Kabid Pelayanan RSUD dr. R. Soeprapto Cepu, drg. Yul Purnawati, menyampaikan bahwa hingga hari ini masih ada satu pasien yang dirawat di ruang isolasi Covid-19 yakni pasien dari Desa Kentong, yang beberapa hari lalu hasil swab test nya positif Covid-19.

“Pasien ini minggu lalu swabnya positif, dan rencananya hari ini hingga besok akan dilakukan pengambilan swab test kembali. Meskipun kondisinya membaik, akan tetap diisolasi sambil menunggu hasil swabnya kembali negatif berturut turut dua kali baru bisa dikembalikan ke rumahnya,” jelas drg. Yul Purnawati.

drg. Yul Purnawati juga mengatakan bahwa tenaga medis yang merawat pasien tersebut juga akan dilakukan pengambilan rapid-test guna pencegahan, agar tidak menularkan kepada pasien lain atau petugas medis lain.

“Rapid test akan dilakukan tujuh hari setelah mereka kontak dengan pasien. Kami mohon masyarakat ketika berobat ke RS bisa jujur untuk keselamatan petugas kesehatan yang ada,” tambahnya.  (HB33/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Update Covid-19 di Kabupaten Blora Terbaru Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora