Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Saturday, 28 March 2020

Gubernur Jateng Tergode Buah Alkesa Blora

Harianblora.com - Festival Buah Jawa Tengah 2020 yang dilaksanakan di Alun-alun Bung Karno Ungaran pada hari Sabtu-Minggu (7-8/3/2020) kemarin berlangsung meriah, tak terkecuali stan pameran buah dari Kabupaten Blora.

Kabupaten Blora yang diwakili Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan ikut memamerkan beberapa komoditas hortikultura, buah unggulan dan buah langka, seperti alkesa, kelengkeng kateki, jambu kristal, pepaya, durian, buah naga, alpukat, bawang merah, cabai, jeruk, kacang mete, dll.

Acara dibuka langsung oleh Gubernur Ganjar Pranowo didampingi Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian, Liferdi Lukman; serta Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, Suryo Banendro.

Saat berkeliling pameran, Gubernur dan rombongan menyempatkan diri mampir ke stan pameran buah Kabupaten Blora. Disini, orang nomor satu di Jawa Tengah ini tertarik dengan buah alkesa (sawo belanda) yang dipamerkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Blora.

Bahkan Ganjar Pranowo mencicipi jus alkesa yang sudah disediakan untuk dinikmati secara gratis oleh pengunjung. Pihaknya terkesan dengan rasanya yang unik dan nyentrik.

“Saya saat kecil dulu makan ini, tapi sekarang sudah sulit didapat. Alkesa atau sawo belanda ini menarik, rasanya seperti ada ketela munthul, ada pisangnya. Atau mungkin ini perselingkungan antara pisang, papaya, ketela munthul, ada seret-seretnya,” ucap Ganjar Pranowo.

Menurutnya alkesa ini masuk dalam kategori buah yang mulai langka di Jawa Tengah. Pihaknya ingin agar terus dikembangkan mengingat alkesa sendiri mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Blora, Ir. Reni Miharti, M.Agr.Bus menyambut senang kedatangan Gubernur Ganjar Pranowo di stan Kabupaten Blora. Dirinya mendampingi dan menjelaskan berbagai komoditas hortikultura yang dibawa ke Festival Buah Jawa Tengah.

“Alhamdulillah buah-buah yang kita bawa dari Blora banyak diminati pengunjung. Hingga hari kedua, Minggu kemarin, masih banyak pengunjung yang datang dan penasaran dengan alkesa yang betakarotennya tinggi bagus untuk kesehatan, serta membeli buah lainnya,” terang Reni Miharti.

Hal ini menandakan bahwa buah-buahan Blora tidak kalah bersaing dengan buah-buahan dari Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Tengah.

“Dalam Festival Buah Jawa Tengah 2020 kemarin, Kabupaten Blora juga berhasil meraih juara satu dalam lomba mengukir dan merangkai buah, yakni mengukir pepaya dan melon,” pungkasnya.

Khusus untuk buah alkesa atau sawo belanda, di Kabupaten Blora tumbuh subur di Desa Tempuran, Kecamatan Blora Kota. (HB44/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

Item Reviewed: Gubernur Jateng Tergode Buah Alkesa Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora