Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Thursday 5 March 2020

Secara Online, ASN Blora Diajak Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Blora, Harianblora.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora pada hari Selasa (25/2/2020) melaksanakan sosialisasi Sensus Penduduk (SP) 2020 di Sekretariat Daerah (Setda). Sosialisasi yang dilakukan usai apel pagi itu dipimpin langsung oleh Kepala BPS Blora, Drs. Heru Prasetyo.

Di depan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Heru Prasetyo menyampaikan bahwa SP 2020 kali ini beda dengan SP 2010. Yang mana khusus di SP 2020 ini dilaksanakan dua tahapan yakni sensus online dan sensus wawancara manual.

“Pada SP 2020 ini ada sensus secara online yang dimulai sejak 15 Februari lalu hingga akhir Maret mendatang di situs www.sensus.bps.go.id . Bisa dibuka langsung melalui aplikasi google crome, ms.firefox, atau sejenisnya yang ada di hp android. Kami minta seluruh ASN bisa melakukannya,” ucap Heru Prasetyo.

Menurut Heru, data yang harus disiapkan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), serta akta nikah. Setelah sensus online 15 Februari – 31 Maret, bagi masyarakat yang belum tercatat akan dilakukan sensus wawancara di bulan Juni. Yang mana petugas sensus akan datang door to door ke rumah.

“SP 2020 ini tidak hanya menjadi tugas BPS semata, namun tugas bersama dengan seluruh masyarakat. Dukungan masyarakat sangat kita butuhkan untuk benar-benar mendapatkan data yang akurat. Ayo bantu kami mencatat Indonesia, menuju satu data kependudukan Indonesia,” lanjut Heru Prasetyo.

Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si yang mengikuti sosialisasi, langsung mencoba sensus online dengan menggunakan hp android yang dimilikinya. Tidak butuh waktu lama, tahapan sensus online bisa dilakukan dengan lancar.

Sekda meminta agar seluruh ASN bisa mengikuti SP 2020 dengan cara online dan meminta agar menjadi agen sosialisasi di masyarakat sekitarnya.

“Kemarin sudah kita umumkan kepada seluruh ASN di lingkup Setda untuk menyiapkan data NIK, KK dan akta nikah. Pagi ini tadi kita coba sensus online bersama. Langkahnya cukup mudah dengan membuka situs www.sensus.bps.go.id dan mengikuti petunjuk yang ada. Kami minta para ASN bisa sosialisasi dan mengajarkannya ke masyarakat di sekitar tempat tinggalnya,” ujar Sekda.

Menurut Sekda, data yang dihasilkan dalam SP 2020 ini akan menjadi dasar arahan  pembangunan baik pembangunan nasional maupun daerah. Sehingga pihaknya meminta semua pihak bisa turut serta menyukseskannya. (HB33/Hms)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Secara Online, ASN Blora Diajak Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora