Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Monday, 7 December 2020

Ungker (Hyblaea Puera) Blora Penambah Imunitas di Era New Normal


Oleh Tatik Alfiyani

Mahasiswi UIN Walisongo Semarang

Dibalik serakan daun jati kering, ulat-ulat bersembunyi. Alih-alih jijik dengan binatang ini, masyarakat Blora justru menjadikannya sebagai makanan.

Blora merupakan kabupaten di Jawa Tengah dengan flora unggulan berupa tanaman jati. Jati sendiri mengandung minyak dan endapan dalam sel-sel kayunya. Diantara seluruh bagian pohon jati, agaknya yang paling menaraik bagi masyarakat blora adalah daunnya.

Daun jati biasanya menjadi tempat bersangkar hama yang menyebabkan daun kering dan berguguran. Hama ini biasanya berwujud ulat. Namun bagi masyarakat Blora, ulat ini bukanlah hama. Melainkan sumber makanan lezat yang tidak ditemukan di daerah selain Blora. Ulat jati blora ini biasa disebut ungker. Menjadi makanan khas musiman masyarakat blora.

Musim ungker ada pada musim penghujan yang didahului oleh periode kemarau panjang. Peralihan musim ini menjadi keberkahan tersendiri bagi masyarakat blora. Pertanda akan melimpahnya ungker yang menjadi sumber tambahan gizi dan ekonomi keluarga. Jenis hama tersebut dapat dimanfaatkan sebagai lauk pauk maupun cemilan. Jenis kepompong ulat daun jati dalam bahasa latin disebut Hyblaea Puera.

Ciri-cirik fisik ungker (Hyblaea Puera) yaitu berwarna coklat sampai cokelat tua kehitaman-hitaman, Panjang rata-rata 1,4-1,9 cm. Berat rata-rata 0,7-1,3 mg. Ulat jati menyerang pada awal musim penghujan, menyerang pohon-pohon jati yang baru saja memunculkan daun-daun hijau setelah menggugurkan daun ketika musim kemarau. Ulat dan kupunya dapat dijumpai dalam jumlah sangat besar pada 4 – 6 minggu pertama di musim hujan. Oleh karenanya tidak heran pada masa itu masyarakat memanen ungker dari tanah, karena kepompong ulat jati ini letaknya di hutan jati di balik serasah daun jati.

Ungker dapat menjadi makanan istimewa karena kelezatannya. Ulat jati tersebut diketahui memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan nutrisi ungker berupa protein, mineral,vitamin,lemak dan karbohidrat. Sedangkan protein kandungan utama dalam ungker. Fungsi protein secara umum yaitu mengatur keseimbangan air, memelihara netralitas tubuh, membentuk antibodi, mengandung zat-zat gizi (misal lipoprotein dan transferrin), biokatalisator dan sumber energi.

Berkaitan dengan fungsinya yang penting bagi tubuh, tepat apabila di era new normal ini mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi. Dibutuhkan gizi yang baik dalam tubuh untuk meningkatkan imunitas. Apabila daya tahan tubuh kuat maka virus covid-19 tidak akan masuk dalam tubuh, dengan syarat tetap memperhatikan protokol kesehatan yang lain.

Di era New Normal saat ini, tingkat kewaspadaan diri diperketat. Mematuhi protokol Kesehatan yang telah digerakkan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.  Gerakan 3 M harus wajib dilakukan setiap orang. Langkah ini sebagai bentuk cara memutus rantai Covid-19. Selain gerakan 3 M perlu adanya Tindakan selanjutnya seperti meningkatkan imunitas. Caranya rutin olahraga, istirahat yang teratur, gembira, makan dan minum yang bergizi.

Makanan yang bergizi dapat meningkatkan imunitas. Salah satu makanan tersebut yaitu ungker. Ungker memiliki kandungan protein tinggi yang dapat menyumbang kekurangan gizi Protein ini memang dimanfaatkan sebagai pembentukan jaringan bagi tubuh, pertumbuhan membentuk sel darah, memberi tenaga dan lain sebagainnya. Selain itu, Sumber protein hewani pada ungker terutama pada asam amino essensial yang memiliki peran penting dalam fungsinya membentuk antibodi. Dari antibodi ini tubuh akan memberikan respon membentuk imunitas yang kuat.

Molekul protein mengandung karbon,Hidrogen,Oksigen, Nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein fungsi penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. Meskipun makanan bukan sepenuhnya sebagai penangkal infeksi virus, tetapi dengan Gizi yang baik sistem kekebalan akan lebih kuat sehingga akan memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh.

Cara kerja imunitas terhadap virus covid-19. Jika seseorang memiliki antibodi yang kuat, antibody akan bekerja dengan menetralisir virus tersebut agar tidak menginfeksi sel inangnya. Antibodi dapat dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi. Makanan yang kaya protein tinggi akan memberikan antibodi yang tinggi juga.

Sistem imun dibentuk oleh kinerja sel-sel tubuh yang kompleks,jaringan otot,serta organ-organ yang bekerja menjadi satu kesatuan mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh. Peran protein dalam hal ini adalah mempertahankan ungsi kekebalan tubuh normal sehingga dapat terlindungi dari berbagai penyakit, khususnya asam amino yang cukup tinggi di dalamnnya.

 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a comment

Item Reviewed: Ungker (Hyblaea Puera) Blora Penambah Imunitas di Era New Normal Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora