Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Tuesday, 7 August 2018

Desa Kemiri Sekarang Punya BUMDes “Mandiri Makmur”

Harianblora.com - Desa Kemiri Kecamatan Jepon, Minggu malam (29/7/2018) melaunching Gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Mandiri Makmur”. Launching dilakukan langsung oleh Bupati Djoko Nugroho didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gunadi S.Sos, M.Si dan Camat Jepon Free Bayu Alamanda AP, M.Si.

Kepala Desa Kemiri, Sutrisno, menyampaikan bahwa pembangunan gedung BUMDES ini dilaksanakan selama dua tahun dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

“Alhamdulillah setelah dua tahun dibangun, akhirnya malam ini bisa diresmikan oleh Pak Bupati. Dengan adanya gedung BUMDES ini kami berharap bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi pedesaan dimulai dari sektor pertanian. Karena kebanyakan warga kami adalah para petani,” ujarnya.

Adapun jenis usaha BUMDES Mandiri Makmur menurut Sutrisno adalah pelayanan PAM Desa, pembayaran token listrik, jasa irigasi pertanian dari embung desa, simpan pinjam beras, jual beli sarpras pertanian, penjualan pupuk non subsidi, dan usaha peternakan penggemukan sapi.

Bupati Djoko Nugroho usai memotong pita peresmian, mengapresiasi langkah pemerintah desa Kemiri yang sudah bertekad mewujudkan gedung BUMDES.

“BUMDES Mandiri Makmur ini semoga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kemiri. Usahanya milik desa, nanti keuntungannya juga untuk membangun desa ini sendiri sebagai Pendapatan Asli Desa. Nanti coba saya bantu agar bisa dikembangkan untuk usaha elpiji dan pupuk subsidi,” ucap Bupati.

Kepala Dinas PMD, Gunadi S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa BUMDES Mandiri Makmur Desa Kemiri ini merupakan satu-satunya BUMDES di Kecamatan Jiken yang sudah memiliki gedung, bahkan se Kabupaten Blora.

“Desa Kemiri kami jadikan percontohan dan pilot project pengembangan BUMDES. Kedepan akan dilakukan pendampingan agar usahanya terus berkembang dan menjadi contoh untuk desa-desa lainnya,” terangnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabag Humas dan Protokol Setda Kab.Blora Hariyanto SIP, M.Si, jajaran Forkopimcam Jepon dan warga masyarakat Kemiri. Launching atau peresmian BUMDES dimeriahkan dengan pementasan Wayang Kulit dengan lakon Semar Bangun Kahyangan oleh Ki Bimantara dari Desa Genjahan, Kecamatan Jiken.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Desa Kemiri Sekarang Punya BUMDes “Mandiri Makmur” Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora