Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday 29 August 2018

Di Blora, Ada Lomba Ternak yang Unik

Blora, Harianblora.com - Menjelang datangnya Idul Adha 1439 H, Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakikan) menyelenggarakan Lomba Ternak Tahun 2018. Bertempat di Lapangan Noyo Gimbal, Desa Bangsri, Kecamatan Jepon, lomba diikuti puluhan ternak unggulan dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Blora, Rabu (15/8/2018).

Kepala Disnakikan Blora, Ir. Wahyu Agustini SE, M.Si menyampaikan ada lima kategori yang dilombakan, yakni sapi eksotis, sapi peranakan ongole (PO) jantan, sapi PO betina, sapi BUMDesma, dan kambing peranakan etawa (PE).

“Masing-masing Kecamatan mengirimkan mengirimkan empat ternak untuk empat kategori mulai sapi eksotis, sapi PO jantan, sapi PO betina, dan kambing PE sehingga total 48 ternak. Untuk sapi BUMDesma diikuti oleh enam desa yang memiliki BUMDes pengelolaan penggemukan sapi yakni Palon, Kemiri, Bacem, Kawengan, Blungun, dan Galuk,” ujar Ir. Wahyu Agustini SE, M.Si.

Untuk penilaiannya, tidak hanya dilihat dari berat badan saja, namun dinilai juga dari tingkat usia, berat badan, tinggi badan, dan kondisi kesehatannya.

“:Postur tubuh yang proporsional sesuai umur akan mendapatkan nilai yang baik. Jadi belum tentu yang paling berat dapat juara. Jurinya terdiri dari tim dari Kabupaten dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah,” lanjutnya.

Setiap ternak yang datang langsung dilakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi dan panjang tubuh ternak. Jumlah gigi ternak juga ikut diperiksa dalam penilaian lomba ini.

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si yang hadir membuka lomba ternak mengaku senang dan bangga karena melihat banyak potensi sapi dan kambing yang dimiliki Kabupaten Blora.

“Kami mewakili Bapak Bupati mengapresiasi kegiatan yang bisa mempertemukan berbagai peternak dari seluruh wilayah Blora ini. Selain untuk mengetahui perkembangan produk unggulan peternakan daerah, momentum ini bisa dimanfaatkan untuk saling tukar informasi, wawasan dan pengalaman dalam hal budidaya sapi yang baik dan menguntungkan,” ucap Wakil Bupati.

“Dengan diselenggarakannya lomba ini, kami harapkan bisa menambah semangat para peternak untuk melestarikan dan meningkatkan ketersediaan bibit-bibit sapi PO baik jantan maupun betina yang unggul, dan berkulaitas yang memiliki daya saing dan ciri khas sebagai sapi Blora,” kata Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman.

Wakil Bupati meminta enam desa yakni Palon, Kemiri, Kawengan, Bacem, Blungun, Galuk, yang tergabung dalam BUMDesma dan mendapatkan bantuan sapi penggemukan dari Kemendes PDTT, harus dapat mengelola dan mengembangkan sapinya dengan baik sehingga bisa menjadi contoh bagi desa-desa dan BUMDes lainnya.

Adapun hasil penilaian dewan juri, juaranya sebagai berikut :

Katagori Sapi Eksotis :
Juara I : Nomor Patok 03, Nama Pemilik Ivan, Kecamatan Blora, Skor 922.
Juara II : Nomor Patok 11, Nama Pemilik Muntono, Kecamatan Kradenan, Skor 782.
Juara III : Nomor Patok 05, Nama Pemilik Kartono, Kecamatan Kedung Tuban, Skor 774.

Katagori Sapi PO Jantan :
Juara I : Nomor Patok 03, Nama Pemilik Rakib, Kecamatan Kedungtuban, Skor 2536.
Juara II : Nomor Patok 11, Nama Pemilik Parno, Kecamatan Todanan, Skor 2504.
Juara III : Nomor Patok 04, Nama Pemilik Sukar, Kecamatan Blora, Skor 1986.

Katagori Sapi PO Betina :
Juara I : Nomor Patok 10, Kecamatan Kradenan, Skor 2002.
Juara II : Nomor Patok 08, Kecamatan Todanan, Skor 1619.
Juara III : Nomor Patok 04, Kecamatan Blora, Skor 1565.

Katagori Bumdesma :
Juara I : Nomor Patok 02, Kelompok Berkah Jaya, Kecamatan Jepon, Skor 685.
Juara II : Nomor Patok 05, Kelompok Berkah Usaha, Desa Blungung Kecamatan Jepon, Skor 667.
Juara III : Nomor patok 06, Kelompok Mitra Usaha Sejahtera, Kecamatan Jepon, Skor 642.

Katagori Kambing Pejantan :
Juara I : Nomor Patok 08, Nama Pemilik Sumarno, Kecamatan Todanan.
Juara II : Nomor Patok 11, Nama Pemilik Agus, Kecamatan Bogorejo.
Juara III : Nomor Patok 16, Nama Pemilik Jami, Kecamatan Jiken.

Hadir menyaksikankan lomba hingga usai pimpinan OPD Blora, Forkopimca Jepon dan tokoh masyarakat serta pegiat peternakan. (HB44/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Di Blora, Ada Lomba Ternak yang Unik Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora