Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday 5 September 2018

Lirik Budidaya Kelor, Dirjen PFM Kemensos RI Kunjungi Blora

Harianblora.com - Budidaya tanaman kelor yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan pengembangan ekonomi masyarakat di Kabupaten Blora, tepatnya di Desa Ngawenombo, Kecamatan Kunduran ternyata menarik banyak pihak.

Tidak hanya kalangan pegiat pertanian dan ahli nutisi saja, kalangan pejabat juga tertarik datang untuk melihat langsung budidaya tanaman hijauan ini. Seperti yang dilakukan Direktur Jenderal (Dirjen) Penanganan Fakir Miskin (PFM), Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Andi ZA Dulung bersama rombongan, Kamis (30/8/2018) lalu.

Kedatangannya ke Puri Kelorina Desa Ngawenombo bersama Direktur PFM Perkotaan Mumu Suherlan, Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah dan Kepala Dinas Sosial DIY disambut hangat oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si bersama Kepala Dinsos P3A Blora, dan pemilik kebun kelor, Ai Dudi Krisnandi.

Datang di Puri Kelorina, rombongan Dirjen menerima pemaparan dari Ai Dudi Krisnandi yang juga owner PT.Moringa Indonesia tentang bagaimana cara menanam, memetik, mengolah dan berbagai macam manfaat kelor bagi manusia.

Andi ZA Dulung mengapresiasi atas pengembangan budidaya kelor yang luar biasa di Kabupaten Blora ini. Hal ini tentu menjadikan trobosan positif untuk masyarakat dalam meningkatkan perekonomian warga.

“Pertumbuhan kelor di Blora ini kita tahu sangat bagus, tentu ini positif bagi para masyarakat Blora khususnya untuk lebih mengembangkan budidaya kelor,” ucap Andi ZA Dulung.

Andi mengaku, adanya budidaya kelor ini, tentu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengembangkan sebuah inovasi produk dari bahan kelor. Sehingga ekonomi masyarakat meningkat dan kemiskinan bisa ditekan.

“Kelor ini sangat banyak manfaatnya, tadi Pak Dudi mengatakan kelor bisa diolah menjadi berbagai macam produk, tentu ini sangat membantu masyarakat untuk lebih inovatif lagi sehingga masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan,” lanjutnya.

Kedepan, lanjut Andi ZA Dulung budidaya kelor bisa lebih di kembangkan di Blora dan daerah daerah lain,di Jawa Tengah maupun luar Jawa Tengah.

“Kelor baru baru ini di kembangkan di NTT, kita lihat contoh di Blora berkembang, nanti kita kembangkan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) disini ke arah kelor, jika berhasil nanti bisa di kembangkan di daerah lain,” ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin,Kementrian Sosial Andi ZA Dulung juga mengunjungi, kebun kelor seluas tiga hektare milik Dudi Krisnadi, disana dirjen melihat lahan, dan tempat produksi pengeringan kelor.

Wakil Bupati Blora Arief Rohman mengatakan terimakasih atas kunjungan Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin,Kementrian Sosial bersama rombongan di Puri Kelorina milik Dudi Krisnadi ini.

“Terimakasih atas kunjungannya, kami mohon bimbingan kedepannya, mengingat PR kami di Blora ini adalah pengentasan kemiskinan yang angkanya masih 13 persen, sehingga dengan kunjungan Pak Dirjen ini diharapkan ada arahan agar angka kemiskinan bisa menurun,” ucapnya.

Wakil Bupati mengaku, berkat Kelorina ini, masyaralat Desa Ngawenombo kini perekonomiannya mulai meningkat. Banyak yang bekerja di Puri Kelorina dan mencoba mengembangkan budidaya kelor sendiri. Selain itu berkat kelor, Blora kini menjadi terkenal, banyak yang datang kesini, untuk pengembangan kelor ini.

“Pak Dudi ini sangat kreatif dan luar biasa, bisa mengembangkan Kelor di Blora yang dulunya hanya berupa hutan jati,” ucapnya.

Sementara itu Dudi Krisnadi mengaku sangat berterimakasih atas kunjungan dari Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin,Kementrian Sosial berserta rombogan. Semoga mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan kelor.

“ Semoga kedepan budidaya kelor semakin banyak dan mampu membantu peningkatan perekonomian masyarakat Blora” kata Dudi. (hb44/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Lirik Budidaya Kelor, Dirjen PFM Kemensos RI Kunjungi Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora