Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Friday, 18 January 2019

4 Tips Jitu Mengatasi Kangen Rumah Saat Merantau Dan Ngekos

Ilustrasi IDN Times
OLEH : NIKEN ATHIFAH ALYA FITRI


Salah satu takdir anak rantau terutama mahasiswa yang hidupnya sedang ngekos adalah sering galau karena rindu rumah, yang kebanyakan anak mahasiswa bilang homesick. Apasih homesick itu?
Homesick alias kangen rumah memang mustahil di hilangin. Tapi homesick bisa dihadapi kok, supaya kita anak rantau tidak galau terus dan jadi kembali semangat. Inilah 4 cara yang harus kamu coba agar kamu tidak terus – terusan menahan rindu :


1.    Cari banyak teman yang asik, teman memang terbukti ampuh mengusir kesepian, dimanapun dan kapanpun saat kamu merasa sendiri. Ajak mereka untuk bertemu dan kamu bisa berkumpul dengan temanmu dan lakukanlah banyak hal yang menyenangkan, agar kamu tak lagi merasa sedih karena jauh dari keluarga. Karena dengan mengenal dan akrab dengan orang lokal akan membuat kita lebih mudah beradaptasi dan merasa betah.


2.   Hubungi orang tua secara berkala, hal ini harus tetap dilakukan. Apalagi zaman sekarang banyak sarana komunikasi bermacam – macam dan praktis. Bisa kontak lewat telepon atau video call. Karena, dengan mendengar suara merdu orangtua, kita bisa mengobati rasa rindu kita.
Di zaman modern ini kita harus bersyukur karena bisa bertatap wajah walaupun hanya lewat layar handphone. Bayangkan nasib mahasiswa rantau zaman dulu. Ketika mereka kangen rumah, mereka harus kirim surat via kantor pos yang sampainya berhari-hari.


3.   Menyibukkan diri, jika kita memiliki banyak waktu kosong yang tidak jelas, otomatis kita jadi sering bengong. Ujung-ujungnya kita jadi mikirin rumah, lalu galau dehh
Sebaliknya, jika kita punya banyak kesibukan, pikiran kita jadi teralihkan ke hal –hal lain. Sehingga kita tidak sempat merasakan homesick berlebihan.
Kesibukan yang bisa kita lakukan ada banyak macam. Misalnya bergabung dalam UKM, beres-beres kosan, rutin olahraga atau bikin usaha sampingan.


4.   Banyak beribadah kepada Allah, cara ini bisa bikin hati dan perasaanmu lebih tenang dan terarah. Curahkan semua keluh kesah kita sampai hati kita terasa lega. InsyaAllah setelah itu kita akan kembali semangat dan tidak takut menghadapi rindu rumah.

Itulah 4 cara yang bisa membuat rindu kita terobati, walau nyatanya pasti masih ada saja rindu yang masih tersimpan. Tapi tetaplah bersabar, karena kita tidak selamanya berada di posisi ini. Semua hal membutuhkan proses, bukan? Lambat laun kita akan terbiasa hingga pada akhirnya kita menemukan satu titik nyaman, yang mungkin membuat kita rindu tentang masa sekarang. Keep the process!
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: 4 Tips Jitu Mengatasi Kangen Rumah Saat Merantau Dan Ngekos Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora