Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1440 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Monday, 14 January 2019

Pendidikan Berbasis Teknologi Memajukan Pendidikan

Ilustrasi

Oleh Devi Ayu

Di zaman yang serba canggih ini, kita dituntut untuk bisa mengikuti arusnya tak peduli tentang keadaan. Salah satunya adalah disaat kita harus bisa mengunakan kecanggihan segala alat yang diciptakan di abad ini. Jika tidak,  kita akan gaptek (gagap teknologi) dan kita akan tertingal dengan perkembangannya yang begitu pesat.

Kecangihan teknologi saat ini tak hanya ada pada alat atau barang-barang elektronik saja, melainkan juga berpengaruh pada hampir semua aspek kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Memang banyak yang berpikir bahwa menggunakan teknologi dalam pendidikan akan meningkatka kualitas pendidikan di Indonesia, namun semua itu belum tentu benar.

Memang benar bahwasannya teknologi mempermudah segalanya, namun tidak semua akan menjadi mudah jika sudah dikaitkan dengan teknologi. Seperti halnya pendidikan, jika memang ingin memajukan pendidikan menggunakan teknologi, semua haruslah seimbang, dalam artian kesiapan antara pendidik dan pengajar, pemerintah yang bersangkutan dan segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang terlaksananya pendidikan berbasis teknologi ini.

Ada beberapa keuntungan yang didapat saat menerapkan pendidikan berbasis teknologi ini, seperti memudahkan siapa saja yang membutuhkan informasi dengan cepat melalui jaringan internet yang mudah untuk dijangkau, dengan menggunakan teknologi ini kegiatan belajar-mengajar tidak harus face to face atau berada di dalam satu ruangan yang sama, kemudahan pengumpulan tugas yang tidak mengharuskan siswanya menghadap langsung kepada sang pengajar, dan kecanggihan ini juga melatih tenaga pengajar untuk mengembangkan metode pengajaran yang praktis namun tidak menyimpang dari kurikulum atau ketetapan dan aturan yang di keluarkan oleh pemerintah.

Namun selain keuntungan ada juga kerugian yang ditimbukan, yaitu seperti kurangnya interaksi dan meningkatnya sifat individualisme yang terjadi antara siswa dan pendidiknya karena mereka jarang bertatap muka, menurunnya fungsi mata karena mereka diharuskan untuk menatap layar PC ataupun smartphone mereka untuk kegiatan belajar mengajar, dan semua itu tidak akan berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal apabila mereka menerapkan pendidikan berbasis teknologi namun tidak mempertimbangkan segala aspek penting yang dibutuhkan.

Itulah beberapa ulasan mengenai pendidikan berbasis teknologi. Selain mempertimbangkan keadaan, kita juga harus berpikir seberapa siapkah kita untuk menerima dan menerapkannya.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pendidikan Berbasis Teknologi Memajukan Pendidikan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora