Harian Blora Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadan .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Thursday, 3 January 2019

Wana Wisata Wono Aji di Kedinding Blora Direspon Baik Bupati

Bupati Blora
Blora, Harianblora.com - Guna mendorong tumbuhnya industri pariwisata di wilayahnya, Pemerintah Kecamatan Kedungtuban bersama dengan Perhutani KPH Cepu, Pemerintah Desa Ngraho dan masyarakat setempat pada hari Selasa (1/1/2019) melaksanakan Soft Opening rintisan Wana Wisata Wono Aji yang berada di Dukuh Kedinding.

Camat Kedungtuban, Dasiran, S.Ag, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan memanfaatkan potensi hutan seluas 1,5 hektar yang ada di wilayah tersebut, sejumlah fasilitas penunjang dibangun untuk menarik pengunjung agar bisa datang bersama keluarga sembari melepas penat dan refreshing.

“Dalam waktu sepuluh hari sejak disetujui oleh Pak Adm Perhutani KPH Cepu untuk pinjam lahan hutannya, kita bersama masyarakat mulai membuat rumah pohon, beberapa spot selfie, ayunan, permainan anak, flying fox hingga arena trabas. Harapannya lokasi ini bisa menjadi lokasi daya tarik wisata baru di Kedungtuban,” ungkapnya.

Menurutnya kedepan rintisan Wana Wisata Wono Aji ini akan diintegrasikan dengan keberadaan Bukit Kedinding yang mempunyai potensi air terjun, situs makam Purwosuci Kedinding dan dikerjasamakan dengan komunitas jeep. Karena untuk mencapai air terjun harus melewati jalan terjal yang cocok untuk kendaraan jeep.

Bupati Djoko Nugroho yang berkesempatan hadir langsung dalam kegiatan Soft Opening tersebut didaulat untuk meresmikan dan melepas balon udara sebagai tanda dibukanya rintisan Wana Wisata Wono Aji. Yang mana dalam sambutannya, mengapresiasi adanya rintisan Wana Wisata Wono Aji di Kedungtuban itu.

“Apik iki, memanfaatkan potensi hutan untuk kegiatan pariwisata dan dikelola oleh BUMDes setempat. Ayo rubah pola pikir warga, jangan lagi menebang pohon di hutan secara ilegal untuk dijual. Mending hutannya digarap seperti ini untuk wisata, pohonnya tetap lestari namun tetap berpenghasilan,” ucap Bupati.

Bupati lantas berjanji akan membantu pengembangan rintisan Wana Wisata Wono Aji yang ada di Dukuh Kedinding tepi Jalan Raya Cepu-Randublatung tersebut.

“Soft Opening kui tegese buka alon-alon, dibuka bertahap, dan masih membuka kesempatan bantuan dari pihak luar. Karena ini upaya yang bagus, tolong nanti Dinas Pariwisata (Dinporabudpar-red) bisa menganggarkan Rp 500 juta untuk pengembangannya. Tolong didesain sebagus mungkin yang bisa menarik kunjungan masyarakat dan mendorong perputaran ekonomi,” lanjut Bupati.

Adm Perhutani KPH Cepu, Dadhut Sujanto yang juga hadir dalam soft opening menyatakan dukungannya untuk rintisan Wana Wisata Wono Aji. Pihaknya akan terus melakukan pendampingan agar pengelolaan wana wisata tersebut bisa berjalan baik tanpa merusak tanaman pokok hutan.

Dalam soft opening tersebut juga dimeriahkan dengan pelaksanaan Lomba Memasak Menu B2SA (Bergizi, Berimbang, Sehat dan Aman) antar Desa se Kecamatan Kedungtuban, pertunjukan gamelan, organ tunggal dan kopdar komunitas mobil.

Turut hadir Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora, yang diwakili Kepala Bidang Pariwisata Heksa Wismaningsih S.STP, MH, Ketua PMI Kabupaten Blora Ir. Sutikno Slamet, Forkopimcam Kedungtuban, para Kepala Desa se Kecamatan Kedungtuban dan masyarakat sekitar. (hb33/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Wana Wisata Wono Aji di Kedinding Blora Direspon Baik Bupati Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora