Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Thursday 30 April 2020

Putus Penyebaran Corona, Warga Desa Sempu Blora Buat Wastafel tanpa Kran


Blora, Harianblora.com - Banyak cara dilakukan masyarakat saat sekarang ini demi terhindar dari infeksi virus corona. Salah satunya dengan cara rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer. WHO menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak fisik atau physical distancing, demi mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Selain mencuci tangan, masyarakat juga diimbau untuk membersihkan permukaan benda yang sering dipegang, seperti gagang pintu hingga keran wastafel karena virus Corona dapat bertahan hidup di plastik dan stainless steel dalam beberapa hari.

Untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona ini, Rumah Zakat bersama dengan warga Desa Sempu Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora, belakangan ini membuat kreasi wastafel tanpa keran sehingga orang yang mencuci tangan tidak perlu melakukan kontak dengan pemutar keran.

Rupanya, wastafel ini terlihat unik penggunaannya dibanding dengan alat cuci tangan lainnya. Untuk mencuci tangan di wastafel, kita tidak perlu menyentuh kran air dengan tangan. Melainkan cukup menginjak pedal dengan kaki pada bagian bawah kemudian air  dan sabun akan mengalir dengan sendirinya. Dan alat ini juga tidak mengunakan listrik jadi ramah lingkungan.

“Wastafel ini sengaja didesain tidak menggunakan tangan, agar bebas atau steril dari Virus Corona" Kata Siti Karyani Fasilitator Rumah Zakat Desa Sempu.
Menurutnya, potensi penyebaran virus besar kemungkinannya melalui tangan. untuk itu, kita minimalisir keterlibatan tangan pada alat ini.

“Jangan sampai kita bermaksud cuci tangan untuk menghindari virus tersebut, justru tertular melalui kran air yang disentuh banyak tangan,” Katanya.

Karena itu, ia melanjutkan, perlu hati-hati dan waspada kepada semua hal karena virus corona ini tidak terlihat. (HB44/Tulus Prihadi Bin Djari ).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Putus Penyebaran Corona, Warga Desa Sempu Blora Buat Wastafel tanpa Kran Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora