Lokal

Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.penerbitformaci.id

Friday, 11 May 2018

Duta Wisata Blora 2018 Wajib Promosikan Potensi Lokal

Blora, Harianblora.com - Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) pada hari Sabtu (28/4/2018) melaksanakan ajang pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora 2018. Bertempat di halaman Pasar Rakyat Sido Makmur yang berada di Jl.Blora-Randublatung km 3, acara diikuti oleh 20 pasang muda-mudi yang mayoritas merupakan pelajar SMA sederajat.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dengan pemukulan gong, didampingi jajaran Forkopimda serta Kepala Dinporabudpar, Drs. Kunto Aji. Dimana dalam sambutannya mewakili Bupati Djoko Nugroho, Wakil Bupati berharap kedepan keberadaan Duta Wisata bisa ikut secara aktif mempromosikan potensi Kabupaten Blora.

Menurutnya pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan generasi muda yang berkualitas. Yaitu generasi muda yang kreatif, inovatif dan mempunyai wawasan pengetahuan yang luas.

“Melalui pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora, kami berharap dapat mencetak generasi muda Kabupaten Blora yang berani bersaing dalam era globalisasi. Berpengetahuan luas, luwes dalam berkepribadian maupun berpenampilan serta mampu mengembangkan diri secara progresif utamanya dalam bidang kepariwisataan,” kata Arief Rohman.

Siapapun yang terpilih nantinya, menurut Arief Rohman, akan mempunyai tanggung jawab yang besar sebagai duta wisata, yaitu untuk mempromosikan aset dan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Blora.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji menyampaikan para peserta pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata telah mengikuti sejumlah tahapan seperti seleksi administrasi, psikotes, tes tertulis dan karantina selama tiga hari.

“Dalam karantina diawali kunjungan lapangan di tiga titik destinasi wisata, yang pertama di Kampung Durian dan Cemara 7, Kecamatan Tunjungan. Lantas di Kampung Samin Sambongrejo, Kecamatan Sambong. Di kampung kerajinan keramik desa Balong, Kecamatan Jepon dan di makam Sunan Pojok, Kecamatan Blora,” jelas Kunto Aji

Selanjutnya, peserta pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora dilaksanakan unji talenta di taman Tirtonadi Reborn Blora. Kemudian dilaksanakan tes di gedung Sasana Bhakti Blora.

“Dan Sabtu malam dilaksanakan malam puncak grand final pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata tahun 2018,” ujarnya.

Kejuaraannya, lanjut Kunto Aji, terdiri sepuluh pasang yang akan dipilih meliputi juara I,II dan III. Harapan I,II,III. Selanjutnya katagori intelegensia dan penampilan terbaik, berbahasa Jawa terbaik, dan katagori favorit. Jumlah peserta adalah 20 pasangan atau 40 orang grand finalis.

“Juara terpilih nomor I, Kakang Mbakyu Duta Wisata Kab. Blora akan dinobatkan sebagai duta wisata Kabupaten Blora 2018, dan akan mengikuti ajang pemilihan tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang rencananya dilaksanakan pada 25 Oktober 2018 di kota Pekalongan,” jelasnya.

Adapun daftar lengkap pemenang Kakang Mbakyu Duta Wisata Blora 2018 adalah sebagai berikut :

KAKANG BLORA 2018
Juara I : Hanif Nurrifqi dari SMA Negeri 1 Randublatung
Juara II : Hilalli Fahrian dari SMA Negeri 1 Blora
Juara III : Dewangga Nurizal dari SMK Negeri 1 Blora
Juara Harapan I : David Mahendrata S dari SMA Negeri 1 Blora
Juara Harapan II : Freza Rengga dari masyarakat umum, status Mahasiswa Undip Semarang
Juara Harapan II : Dendi Wahyu Pratama dari SMK Negeri 1 Blora
Kakang Intelegensia : Risang Bagus Adi Pratama dari SMA Negeri 1 Cepu
Kakang Berbahasa Jawa Terbaik : Ananda Ilham dari SMA Negeri 1 Randublatung
Kakang Berpenampilan Terbaik : Riyan Wahyu dari SMA Negeri 1 Randublatung
Kakang Terfavorit : Mukti Tri Prasetyo dari SMA Negeri 1 Jepon

MBAKYU BLORA 2018 :
Juara I : Khoirun Nisa dari SMK Negeri 2 Blora
Juara II : Fatikah MH dari SMA Negeri 1 Randublatung
Juara III : Laurensia Sherlyn Tania dari SMA Negeri 1 Cepu
Juara Harapan I : Saumita Ngesti dari SMA Negeri 1 Blora
Juara Harapan II : Alvina Wanda dari SMA Negeri 1 Tunjungan
Juara Harapan III : Karenina Putri dari SMA Negeri 1 Tunjungan
Mbakyu Intelegensia : Fitriana Nur Rochmi dari masyarakat umum
Mbakyu Berbahasa Jawa Terbaik : Safira Maura Aldira dari SMA Negeri 1 Cepu
Mbakyu Berpenampilan Terbaik : Delisa Kais Laila dari SMA Negeri 1 Randublatung
Mbakyu Terfavorit : Allifia Zahra N dari SMA Negeri 1 Blora.

(hb44/rsa)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Duta Wisata Blora 2018 Wajib Promosikan Potensi Lokal Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora