Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Thursday 31 May 2018

Wujudkan Blora Bebas BABS, Pemkab Berikan Bantuan Jamban

Blora, Harianblora.com - Untuk mewujudkan Kabupaten Blora Bebas Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten Blora melalui Baznas Kabupaten Blora memberikan bantuan jamban kepada warga Desa Kembang, Kecamatan Todanan. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si. kepada salah seorang perwakilan warga di Kantor Desa Kembang, Rabu (30/5/2018).

Dari 25 desa yang ada di Kecamatan Todanan, hanya tinggal Desa Kembang yang belum memiliki fasilitas jamban yang memadai. Berdasarkan laporan dari Camat Todanan, Kiswoyo, S.H.,M.Si. sebanyak 148 rumah tangga tercatat belum memiliki jamban. Namun dia bertekad pada tahun ini Kecamatan Todanan akan bebas dari Buang Air Besar Sembarangan.

Di bulan ini, bantuan yang diberikan kepada Desa Kembang adalah sebanyak 31 jamban dengan total anggaran lebih dari 23 juta rupiah. 

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Blora yang memprakarsai bantuan jamban ini.

“Terima kasih kepada baznas, karena ini merupakan salah satu program nasional,” ujar Wakil Bupati.

Arief Rohman juga menyatakan bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Blora sebesar 13%, dengan parameter rumah tidak layak huni dan tidak adanya fasilitas jamban. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh pihak terkait untuk ikut menyokong program jambanisasi ini.

“Saya minta kita dapat menyelesaikan program ini satu per satu di tiap kecamatan. Saya juga minta kepada warga Desa Kembang untuk dapat merubah perilaku, sadar akan pentingnya buang air besar di tempat yang semestinya ,” lanjut Wakil Bupati.

Lebih lanjut, Wakil Bupati meminta kepada Kepala Desa Kembang untuk mendata warga miskin dan memikirkan suatu program untuk dapat mengurangi angka kemiskinan di desanya.

Turut hadir pada kesempatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, dr. Henny Indriyanti, M.Kes., anggota DPRD dari Fraksi PKB, Mustofa, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Blora, serta Forkopimcam Todanan.  (hb44/hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Wujudkan Blora Bebas BABS, Pemkab Berikan Bantuan Jamban Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora