Harianblora.com Mengucapkan Selamat Menjalankan Puasa Ramadan&Mengajak Warga Jaga Kesehatan&Memutus Penyebaran Corona

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Friday 12 May 2017

Warga Todanan Mendadak Sukses Gara-gara Pisang Chavendish

Blora, Harianblora.com - Pisang merupakan tanaman yang multi manfaat, hampir semua bagian dalam tanaman pisang mulai dari akar, batang, bungga, buah hingga daun dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan hidup manusia.

Kreativitas warga Dukuh Pucung, Desa Bedingin, Kecamatan Todanan Kabupaten Blora tidak hanya agribisnis holtikutura, tetapi juga merambah perkebunan Pisang Chavendish. Salah satunya Rubani (37) yang sejak awal 2016 membudidayakan Pisang Chavendish ini. Bibit yang ditaman 1 tahun silam itu, saat ini sudah membuahkan hasil.

"Alhamdulillah sudah panen dan hasilnya sangat menguntungkan, baru memanen 20% dari total pisang yang ada dan sudah balik modal," katanya.

Ditemui di Dukuh Pucung, Kusminar Fasilitator Rumah Zakat Desa Bedingin yang mendapingi budidaya Pisang Chavendish ini mengungkapkan, kedepan pihaknya bersama dengan petani akan terus melakukan perbaikan teknis budidaya,membangun jaringan pemasaran,dan mengembangkan usaha dari kebun pisang ini.

"Dalam waktu dekat kita akan mengembangkan pembibitan pisang sendiri dan juga pisang yang tidak masuk grade akan kami proses menjadi kripik pisan," ungkapnya.

Ia menambahkan sebagai tawaran, budidaya pisang chavendish ini bisa menjadi pilihan yang cocok. “Karena, pisang lebih mudah dikembangkan dan sangat subur pada kondisi tanah selain itu, resikonya lebih mudah dikendalikan dibandingkan komiditas pertanian perkebunan lainnya.” katanya

Apalagi, sambung kusminar, tanaman pisang termasuk dalam kategori tanaman yang jarang terserang hama, sehingga lagi-lagi resiko kegagalan bisa diminimalkan. “Hanya saja, dalam bertanam, tetap harus menggunakan teknologi yang tepat guna dan sasaran,” ujarnya

Sementara itu banyak lahan di sekitarnya yang memungkinkan untuk dikembangkan tanaman serupa. Selain secara mudah dalam perawatan, kebun Pisang Chavendish ini juga dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. (Red-HB99/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Warga Todanan Mendadak Sukses Gara-gara Pisang Chavendish Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora