Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1440 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday, 6 February 2019

Mahasiswa UNDIP Bantu Tingkatkan Produktivitas Warga Tutup


Harianblora.com -  Pada Minggu (27/01/2019), Tim KKN Tematik UNDIP Desa Tutup Kecamatan Tunjungan melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pemberdayaan masyarakat melalui ibu-ibu PKK di Balai Desa Tutup.

Pelatihan yang diselenggarakan yaitu pelatihan pembuatan Hand Sanitizer dari pelepah pisang, pembuatan sabun dari minyak jelantah dan pembuatan pestisida dari bumbu-bumbu dapur. Partisipasi ibu-ibu yang hadir sangat tinggi terlihat dari ramainya ibu-ibu yang hadir dan antusias dalam memperhatikan dan aktif bertanya serta antusias untuk mencoba produk-produk yang dihasilkan.

Selain itu juga sebelumnya telah dilakukan pelatihan dan pemberdayaan kelompok tani yang dilaksanakan pada hari Jumat 25 Januari 2019. Pelatihan yang diselenggarakan yaitu pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pakan ternak dengan meode fermentasi anaerob serta pembuatan pupuk cair dari sisa air cucian beras.

Harapan dari Tim KKN Tematik UNDIP Desa Tutup yaitu meningkatnya produktivitas dan meringankan beban perekonomian dalam masyarakat, “Tujuan dari diterjunkannya Tim KKN Tematik Undip ini yaitu untuk mengembangkan potensi desa serta dapat meringankan sedikit beban perekonomian yang ada dalam masyarakat melalui pelatihan – pelatihan yang ada. Dengan diadakannya pelatihan dan sosialisasi diharapkan dapat menambah wawasan dan motivasi untuk mengembangkan suatu usaha ” ungkap Agum selaku Koordinator Tim KKN Desa Tutup.

Di sisi lain, Ibu ketua PKK desa Tutup mengaku antusias warga sangat tinggi. “Antusias warga sangat tinggi karena di acara tersebut ibu-ibu diberikan berbagai resep dan cara pembuatan  hand sanitizer dari pelepah pisang, pembuatan sabun dari minyak jelantah, dan pembuatan pestisida dari bumbu dapur, ibu-ibu sangat aktif dan antusias bertanya dan langsung ikut terlibat dalam proses pembuatan”,  Ujarnya.

Selain itu, bapak – bapak kelompok tani juga sangat antusias ketika mengetahui sisa sisa rumput dan jerami dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Selama ini jerami hanya terbuang sia-sia dan baru mengetahui jika fermentasi jerami dan sisa – sisa rumput dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak memiliki banyak kelebihan yaitu, meningkatkan nilai gizi dan daya cerna pakan, mengurangi limbah organik dan tentunya dapat mengurangi pengeluaran ekonomi yang ada. (HB33/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Mahasiswa UNDIP Bantu Tingkatkan Produktivitas Warga Tutup Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora