Harian Blora Mengucapkan di Tahun Politik 2018-2019 ini mari kita jaga perdamaian di Blora .

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday, 27 February 2019

Pentas Seni Budaya Lokal Blora Akan Digelar Mingguan

Blora, Harianblora.com - Pelestarian Seni Budaya Tradisional tidak luput dari perhatian Pemerintah Kabupaten Blora. Setelah sejak beberapa tahun lalu rutin mengelar pentas wayang kulit sebulan sekali tiap malam Jumat Pon hingga sekarang, kini Bupati Djoko Nugroho merencanakan agar seni budaya lainnya juga bisa dipentaskan secara rutin.

Bahkan atas arahan Bupati Djoko Nugroho, Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) terus menyelesaikan proses pembangunan Stadium Seni Budaya di Taman Tirtonadi sebagai lokasi pementasan seni tradisional.

Ketika hadir dalam pentas wayang kulit Malam Jumat Pon semalam (21/2/2019) di pendopo rumah dinas nya, Bupati Djoko Nugroho menyampaikan bahwa mulai tahun ini tidak hanya wayang kulit saja yang akan dipentaskan secara rutin, namun juga kesenian tradisional lainnya yang ada di Kabupaten Blora.

“Saya diprotes banyak seniman, kenapa Pak Kokok (sapaan akrabnya) hanya senang wayang kulit saja? Padahal kesenian lainnya juga butuh wadah untuk tampil agar dikenal sekaligus mengenalkan potensi seni budaya kepada generasi penerus. Oleh karena itu saya minta tahun ini panggung terbuka di Stadium Seni Budaya Tirtonadi untuk diselesaikan agar bisa digunakan untuk pentas,” ucap Bupati.

“Kalau wayangan ini sebulan sekali setiap malam Jumat Pon, nanti setelah Stadium Seni Budaya selesai dibangun maka setiap malam minggu harus ada kesenian tradisional yang tampil. Tidak hanya wayang kulit saja, namun juga tayub, barongan dan kethoprak. Ini semua adalah jati diri kita sebagai bangsa yang harus dilestarikan,” lanjut Bupati.

Karena saat ini pembangunan panggung terbuka Stadium Seni Budaya Tirtonadi masih tahap penyelesaian, maka Bupati meminta agar Dinporabudpar mulai menjadwalkan pentas mingguan setelah pertengahan tahun nanti.

“Nanti kegiatannya dimasukkan ke APBD Perubahan 2019 saja. Selain sebagai bentuk pelestarian, sekaligus hiburan masyarakat setiap akhir pekan. Lakukan inovasi agar seni tradisional ini bisa disukai generasi muda kita,” pungkasnya.

Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Blora, Sukarno, menyambut baik rencana Bupati Blora untuk menggelar pertunjukan seni budaya secara rutin. Menurutnya ini merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap seluruh seniman di Kabupaten Blora.

“Alhamdulillah semua seniman nantinya bisa terlibat. Dengan begitu seni budaya di Blora semakin ngremboko. Blora akan semakin dikenal sebagai Kota Seni, Kota yang berbudaya. Terlebih Blora memiliki banyak sekali potensi kesenian tradisional yang patut ditampilkan,” ungkap Sukarno. (HB33/Hms).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Pentas Seni Budaya Lokal Blora Akan Digelar Mingguan Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora