Harian Blora Mengucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019, Semoga Indonesia Semakin Jaya.

Latest News

Kabar bahagia! bagi Anda, mahasiswa, guru, dosen dan siapapun yang ingin menerbitkan buku mudah dan murah, silakan kirim naskah ke formacipress@gmail.com dan kunjungi www.formacipress.com

Wednesday, 27 February 2019

Potensi Wisata di Alun-alun Blora

Ilustrasi
Oleh Abu Hasan rifai

Harianblora.com - Blora  memang memiliki banyak tempat wisata antara lain gua, waduk, lokomotif kuno,agrowisata dll. Salah satu pilihan tempat wisata yang cukup mudah dikunjungi adalah Alun-alun Kota Blora. Tempatnya sangat layak dikunjungi bersama teman,pacar bahkan keluarga.

Alun-alun Blora bisa menjadi tempat wisata aternatif bagi anda. Tempatnya pun mudah dijangkau karena berada tepat di pusat kota. Selain area yang luas, fasilitasnya pun cukup mempuni dan lengkap. Tidak perlu menunggu hari libur untuk bisa ke sana. Banyak hal kok yang bisa dilakukan di Alun-alun Blora.

Berikut ini beberapa aktivitas positif yang bisa kita lakukan di Alun-alun Blora.

1. Olahraga
Alun-alun Blora sangatlah cocok dijadikan tempat untuk berolahraga. Kegiatan olahraga menjadi pilihan mayoritas disana. Biasanya masyarakat melakukan jogging atau olahraga lain pada saat pagi atau sore. Jogging atau sekedar jalan sehat mengelilingi alun-alun,baik di trotoar atas maupun di jalan aspal. Bisa juga kok jogging di dalam area Alun-alun Bojonegoro. Biasanya sih akan lebih ramai atau banayak orang yang berolahraga pada hari minggu pagi waktu CFD (Car Free Day).

2. Berfoto Ria 
Selain cocok untuk berolahraga, Alun-alun Blora juga cocok dijadikan spot foto bagi orang yang hobi potret. Berfoto ria bagi kamu yang instagramable banget atau yang suka ngepost foto di sosmed.Spot untuk berfoto pun cukup banyak. Hampir setiap bagian, bagus untuk berfoto. Banyak hal yang bisa dijadikan objek atau background. Apa lagi fotonya nggak sendiri, tapi ada yang menemani. Hmm 

3. Nongkrong
Bagi kamu yang hobi nongkrong, ngopi, atau ingin mencicipi atau menikmati kuliner khas blora bersama teman ataupun pacar sangatlah cocok buat kamu. Kegiatan wisata kuliner turut menghiasi area-area diseputar alun-alun. Menu instant seperti bubur ayam, bubur campur, nasi uduk, nasi uduk,nasi pecel dll. Sangatlah cocok bagi kita yang hanya untuk  sekedar mampir saja setelah perjalanan jauh. Yang membuat alun-alun blora cukup beda dari yang lain adalah adanya kegiatan belajar. Satu unit mobil perpustakaan keliling milik PEMDA membuka lapak lesehan untuk kegiatan gratis membaca buku bagi semua kalangan. Biasanya ada pada waktu CFD berlangsung. 

4. Berkumpul dan Berdiskusi
Alun-alun Blora bisa dijadikan tempat ngobrol dan berdiskusi bersama teman-teman. Suasana ini sangat cocok untuk belajar bersama. Jika bosan belajar di suatu ruangan, Alun-alun Blora sangat pas untuk jadi tempat refreshing sambil tetap belajar. Tidak hanya belajar kelompok saja. Alun-alun Blora sering dijadikan tempat berkumpulnya komunitas. Banyak sekali komunitas yang bisa kita lihat. Paling sering sih biasanya pada saat minggu pagi di CFD atau juga pada saat Sabtu malam. 

5. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga
Bagi orang tua yang anaknya suka rewel, ajaklah ke Alun-alun Blora. Banyak fasilitas bermain untuk anak-anak. Selain menjadi media hiburan bagi anak-anak tetapi juga dapat  melatih kinestetik dan keseimbangan tubuh. Sebagai tempat publik, fasilitasnya pun cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet, tempat sampah, tempat duduk dan wahana permainan anak. Jadi, wajiblah sebagai masyarakat Blora untuk mengunjungi dan beraktivas di Alun-alun Blora. Masih banyak kok hal lain yang bisa dilakukan di tempat ini.

6. Mengunjungi replika fosil gajah purba
Uniknya lokasi tempat replika fosil gaja purba  sangat berdekatan dengan alun-alun dan terbuka untuk umum. Tingginya mencapai 3,5 meter dengan panjang lima meter. Sedangkan beratnya ditaksir enam sampai delapan ton. Meskipun hanya berupa replika, tetapi replika ini mampu menjadi magnet setiap wisatawan dan warga yang berkunjung di alun-alun kota blora. Setidaknya warga Blora serta  wisatawan yang berkunjung di kota ini menyaksikan dengan langsung sisa-sisa jaman Pra Sejarah yang sangat luar biasa tersebut. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Potensi Wisata di Alun-alun Blora Rating: 5 Reviewed By: Harian Blora